Cara Meningkatkan Engagement Instagram Untuk Bisnis Anda

wbspro icon

WBSPRO

597.000 1.194.000

Tools Kirim Pesan Whatsapp Massal Paling Populer Di Indonesia

Mungkin Anda sependapat jika cara meningkatkan engagement Instagram adalah hal yang tidak sederhana untuk dilakukan. Kebanyakan dari pengguna Instagram merasa kesulitan dan mudah menyerah.

Lain dengan pengguna yang tekun maka akan mudah mengetahui polanya. Apabila Anda memahami pola tersebut maka dapat mengelola akun Instagram dengan baik sehingga pengikut instagram lebih meningkat.

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara meningkatkan engagement Instagram, setidaknya Anda harus tahu apa itu fungsi dari engagement.

Apabila dilihat dari pengertiannya, engagement adalah pertunangan. Namun, bukan berarti akun Instagram berhubungan dengan pertunangan.

Pada pengertiannya engagement adalah ukuran terhadap pengaruh akun Instagram terhadap pengikut (followers).

Pengaruh tersebut berasal dari seberapa jauh interaksi yang dilakukan oleh konten yang ditampilkan pada Instagram.

Sebagai contoh adalah, Anda mempunyai pengikut sebanyak 10.000 dan rata-rata setiap konten yang di-posting mendapat penyuka (like) hanya 1.000 saja, maka engagement akun Instagram hanya 10%.

 Advertisement

Adanya engagement pada Instagram cukup penting karena menunjukkan kualitas akun dan konten yang ditampilkan.

Adanya perhitungan pada engagement berdampak pada pancingan suka (like), komentar, maupun bagikan (repost). Gunakan tools IG ini.

Bisa disebut jika engagement adalah bahan evaluasi terhadap apa yang sudah Anda lakukan melalui konten Instagram. Misalnya, Anda sedang melakukan promosi sebuah produk.

Promosi melalui Instagram tentu tidak memerlukan banyak biaya. Di samping mendapatkan profit, tujuan lain dari engagement adalah membangun interaksi sebaik mungkin dari akun kepada pengikut. Dengan demikian promosi Anda bisa berhasil.

8 Tips Cara Meningkatkan Engagement Instagram

Sesudah mengetahui apa itu engagement dan tujuan pada konten yang ditampilkan Instagram, penjelasan berikutnya adalah tips meningkatkan engagement.

1. Pilih Warna yang Kuat

Tugas awal supaya engagement Instagram meningkat adalah memilih warna yang kuat dan solid. Memang tugas ini jarang sekali dilakukan banyak orang.

Semua pengguna Instagram, baik akun pribadi maupun bisnis cenderung menggunakan apa yang sering digunakan banyak orang.

Pada kenyataannya Anda malah dianggap tidak ada daya tarik. Untuk itu, dengan tips ini membuat akun Instagram Anda lebih berbeda dari akun lainnya.

Akun yang unik dan berbeda bisa menarik minat dan perhatian pengguna Instagram.

Anda bisa memilih warna dominasi biru karena lebih disukai pengguna Instagram daripada warna lainnya.

Namun, sebuah foto maupun gambar yang didominasi satu warna acap unggul daripada dengan foto/gambar tanpa dominasi warna.

Kami sarankan agar sebagian besar fitur gambar mempunyai satu warna kuat agar bisa membantu bisnis daring Anda keluar di newsfeed.

2. Sematkan Call To Action

Tidak jauh berbeda dengan metode pemasaran daring lainnya. Apabila Anda ingin cari tahu tentang hasil yang didapatkan, maka sematkan call to action untuk bertindak bagi para pengikut maupun pengguna Instagram.

Melalui laman Home Anda cukup mendapatkan konversi tentang apa yang perlu dilakukan oleh pengikut.

Sebaiknya Anda mengajak untuk berbisnis dengan daftar melalui surat elektronik, menyukai, maupun membeli produk.

Pada dasarnya Instagram beroperasi menggunakan prinsip yang sama: kalau tidak mengajak dengan jelas ke pengikut, peluang untuk mendapatkan respon pastinya kecil.

Misalnya, apabila pengikut masuk ke website, maka Anda harus memberikan alasan terbaik.

Langkah yang perlu dilakukan adalah menautkan website ke profil karena Anda tidak bisa menampilkan tautan secara langsung.

3. Mengajak Berinteraksi

Instagram merupakan media sosial yang lebih fokus pada visual. Meskipun demikian, bukan berarti teks (caption) yang Anda tulis dirasa tidak penting.

Caption di Instagram pun dapat memberikan dampak yang positif terhadap meningkatnya engagement.

Anda bisa mengakalinya dengan menambahkan “Like dan tandai sahabat, pasangan, dan orang terkasihmu”, untuk mengajak atau berinteraksi dengan pengguna Instagram lainnya.

Melalui ajakan ini secara tidak langsung Anda membangun komunikasi dengan pengikut maupun pengguna di setiap konten yang Anda tampilkan. Hasilnya, engagement pun makin meningkat.

4. Ajak Para Pengikut Berdiskusi Sehat

Ajakan di setiap konten Instagram bisa mendorong pengikut untuk terlibat dalam diskusi.

Dalam penerapannya Anda bisa menampilkan konten agar memicu pendapat, seperti asumsi maupun sudut pandang  kontras dari pengguna lain.

Tujuan dari tips ini adalah supaya pengikut maupun pengguna Instagram ikut berbicara antar pengguna lain. Sesudah memperoleh tiga atau empat komentar, maka diskusi akan berlangsung.

Inilah kenapa ada saatnya Anda menampilkan konten yang memicu pertanyaan maupun pendapat. Namun, jangan sesekali menampilkan konten sensitif, seperti politik, ras, maupun agama.

5. Meningkatkan Engagement dari Caption yang Ditulis

Pesan yang Anda tulis atau disebut caption harusnya kuat agar bisa menjalin interaksi ke pengikut, meski Instagram merupakan media sosial yang fokus pada visual.

Anda diminta untuk memperhatikan dengan baik berapa panjang caption, lalu kalimat awal yang ditulis, hingga bagaimana konsep tulisan. Anda harus menyesuaikan caption tersebut berdasarkan target pasar.

Apabila target pasar adalah kawula muda, Anda bisa menggunakan caption dengan bahasa yang lebih ringan, sederhana, dan disisipi oleh humor.

6. Menggunakan Hastag

Semisal Anda bisa menggunakan hastag untuk cara meningkatkan engagement Instagram, hasil yang didapat cukup visibilitas pada posting-an.

Peran hastag pada instagram tidak berbeda jauh dengan keyword pada dunia SEO. Nah, selama menggunakan hastag sebaiknya Anda mencermati relevansi antara produk dengan pasar.

Misalnya Anda berbisnis jual-beli sketsa wajah atau lukis wajah, maka hastag yang umum digunakan adalah #drawingpencil, #art, #artforsell, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan hastag memungkinkan pengguna Instagram lebih mudah menemukan konten yang Anda tampilkan.

Dalam penulisan hastag pun terdapat aturan yang jelas. Anda tidak bisa menuliskan hastag lebih dari 30. Hastag dengan caption setidaknya terpisah. Anda bisa menulis hastag di kolom komentar.

7. Manfaatkan InstaStory

Hampir 90% pengguna Instagram lebih sering menggunakan InstaStory dibanding mengunduh dan menampilkan konten di Instagram.

Fitur ini cukup ampuh untuk Anda manfaatkan karena bisa menjadi media promosi. Dengan begitu cara meningkatkan engagement Instagram bisa berjalan lebih baik.

Fitur InstaStory ini pada dasarnya adalah fitur membagikan segala aktivitas maupun rutinitas pengguna Instagram. InstaStory pun terdapat batasan waktu selama 24 jam.

Misalnya Anda membuat InstaStory produk makanan pukul 20.00, maka di hari berikutnya, pukul 20.01 InstaStroy tersebut sudah hilang.

8. Menautkan Instagram ke Media Sosial Lainnya

Instagram memang media sosial yang paling sering digunakan oleh banyak orang. Bukan berarti di media sosial lainnya sepi pengguna.

Agar promosi Anda bisa meningkat engagement Instagram lebih baik, tautkan posting-an Instagram ke Twitter, Facebook, maupun WhatsApp.

Dengan menautkan setiap posting-an Instagram ke Facebook maupun Twitter, setidaknya promosi Anda bisa diketahui lebih luas.

Tidak semua pengguna Instagram memiliki Facebook/Twitter, begitu juga sebaliknya. Bagaimana, lebih efisien, kan?!

Berbekal 8 tips di atas semoga Anda mulai memperbaiki dan mengelola setiap posting-an di Instagram demi mendapatkan engagement yang maksimal. Sekian dan selamat mencobanya!

 Advertisement

Irfan Juniyanto saleh

Seorang yang tertarik dengan Digital Marketing & Bisnis Online, berbagi pengalaman menjadi passion saya, karena hidup musti bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Cara Meningkatkan Engagement Instagram Untuk Bisnis Anda”

Tinggalkan komentar