Advertisement

Cara Mendapat Uang dari Instagram Melalui Endorse

Bantu Share Gan...

Penggunaan media sosial kini seolah menjadi sebuah keharusan. Hampir setiap orang memiliki akun medsos, baik perempuan, laki-laki, tua ataupun muda.

 Advertisement

Tidak sedikit pula orang tua yang membuatkan akun untuk anak mereka yang masih bayi, atau bahkan untuk hewan peliharaan mereka yang menggemaskan.

Ternyata, selain untuk have fun atau sebagai etalase foto digital, social media juga bisa mendatangkan keuntungan bagi siapapun. Instagram termasuk ke dalam media yang banyak digunakan.

Apakah Anda tertarik untuk meraup keuntungan dari socmed tersebut? Apa saja langkah, tips ataupun cara mendapat uang dari Instagram? Salah satunya adalah dengan memanfaatkan endorse.

Apa itu Endorse Di Instagram?

Kebanyakan orang mendapat penghasilan dari media sosial melalui yang namanya endorse. Jadi, apa sih endorse itu?.

Endorse berasal dari kata Endorsement, yaitu bentuk promosi yang dilakukan seseorang terhadap suatu brand untuk mendapat konsumen atau pelanggan.

Biasanya berbagai usaha yang menjual barang tertentu, akan menghubungi pemilik akun untuk mempromosikan, mengulas, juga memposting produk mereka.

Tujuannya agar mendapat perhatian lebih dari followers pemilik akun tersebut dan menyebabkan bertambahnya konsumen yang membeli produk.

Terence A.Shimp (2017), mengatakan bahwa Celebrity endorsement merupakan kegiatan yang melibatkan public figure seperti artis, atlet atau entertainer yang telah dikenal banyak orang untuk mempromosikan produk memanfaatkan bidang dan keahilian mereka masing-masing.

Dengan kata lain, Endorse juga merupakan support dari seseorang terhadap pelaku bisnis dengan cara memberikan keterangan atau testimoni kepada produk yang dijual.

Seorang penerima endorse disebut dengan endorser. Biasanya mereka merupakan kalangan artis ataupun orang terkenal lainnya.

 Advertisement

Sebagai catatan saat ini orang terkenal memiliki definisi yang luas, banyak yang terkenal bukan berasal dari kalangan publik figur, melainkan orang biasa saja yang memiliki banyak followers di Instagram.

Orang yang terkenal melalui akun Instagramnya dikenal juga dengan sebutan selebgram atau influencer karena unggahan mereka mampu memberikan dampak kepada khalayak ramai.

Hal itulah yang dimanfaatkan oleh para pengusaha, karena kedua pihak akan sama-sama diuntungan. Produsen mendapat konsumen dan selebgram mendapat penghasilan.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Melalui Endorse?

Seperti yang telah dibahas di atas, bahwa ternyata bermain media sosial , selain menyenangkan juga dapat menghasikan keuntungan.

Anda bisa mempraktekan beberapa cara mendapatkan uang dari instagram untuk pemula berikut ini:

#1. Buat Akun Instagram Semenarik Mungkin

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat tampilan akun Instagram Anda terlihat menarik. Sehingga nanti, orang-orang atau viewers akan merasa nyaman ketika membuka medsos milik Anda.

Jika memiliki hobi di bidang fotigrafi, videografi, design dan lain sebagainya, manfaatkan karya-karya tersebut untuk dipajang di feed Instagram, tentu saja dengan tata letak yang rapi atau ‘enak’ dipandang, sekaligus membentuk personal branding yang kuat.

#2. Buat Konten Sesuai Passion

Oh ya tidak cukup untuk akun instagram terlihat rapi saja, hal selanjutnya yang perlu dikerjakan adalah membuat konten. Buatlah konten sesuai dengan keahlian atau passion yang Anda miliki. Seperti tutorial make up misalnya.

Jika konten yang dibuat berkualitas, bahkan viral, lama kelamaan orang atau pebisnis akan tertarik dengan akun Anda dan menyesuaikan produk mereka untuk diendorse.

Sudah banyak kok orang yang sudah merasakan hal ini, tiba-tiba terkenal dan jadi orang kaya baru dari hasil endorse.

Menarik bukan? Seperti yang Gubernur Jawa Barat, Kang Ridwan Kamil katakan, bahwa pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar.

#3. Aktif di Media Sosial

Merapikan akun sudah, membuat konten menarik pun oke. Cara medapatkan uang dari Instagram dengan cepat yang berikutnya adalah dengan konsisten. Dalam artian, Anda harus tetap aktif di sosmed tersebut.

Buatlah inovasi baru dari konten yang dibuat sehingga terus telihat menarik.

Kemudian, Anda juga bisa menerapkan jadwal upload konten tersebut berdasarkan traffic dari Instagram. Misalnya komentar dan like ramai di weekend malam hari, maka unggahlah konten buatan Anda di waktu tersebut.

Memang sih melakukan posting berjadwal di instagram memang merepotkan, saya kasih tau rahasianya, mereka menggunakan tools schedule post. Makanya terlihat konsisten banget.

Libatkan para followers untuk menentukan sendiri hal apa yang ingin mereka lihat. Jika demikian, para pengikut akan lebih merasa dianggap. Interaksi dua arah akan membuat akun instagram kamu jauh lebih hidup.

Wal hasil, yang terjadi selanjutnya, mereka bisa saja share konten hingga akun Instagram Anda menjangkau audience yang lebih banyak lagi. Atau mereka merekomendasikan IG Anda via mention.

#4. Manfaatkan Platform Tertentu

Jika Anda merupakan pemula yang baru saja merintis, jangan khawatir, Anda bisa menggunakan beberapa platform sebagai jalan ‘mendaftarkan diri’ untuk menjadi endorser. Beberapa diantaranya adalah:

  • SociaBuzz

Melalui media yang satu ini, para pemilik produk bisa memilih sendiri dengan siapa mereka akan bekerja sama.

SociaBuzz meupakan platform yang menghubungkan para pengusaha tersebut dengan para endorser dengan mengusung konsep influencer marketing.

Kini, banyak orang menggunakan jaringan yang satu ini mulai dari pemula dengan jumlah followers ribuan hingga individu dengan pengikut ratusan ribu bahkan jutaan.

Biasanya para pemilik produk akan melakukan order pada mereka yang memiliki engagement rate baik juga sesuai dengan harga yang ditetapkan. Jadi gak harus melulu soal followers ya.

  • Influencer Marketing Hub

Platform yang satu ini digunakan untuk melakukan pengecekkan terhadap perkiraan harga sebuah postingan. Jadi, Anda bisa mempertimbangkan dalam hal patokan harga atau rate setiap konten yang diunggah.

Yang perlu dilakukan adalah membuka website dari Influencer Marketing Hub, masuk ke Instagram calculator, ketik nama akun dan tunggu hasilnya.

Di website tersebut juga terdapat menu yang bisa digunakan untuk melihat berbagai platform influencer marketing yang bisa digunakan untuk endorse Instagram, Facebook, Youtube, TikTok dan berbagai social Media lainnya, seperti: PitchBoard, Sociapubli, Popularpays, Traackr, Influencity, #Paid, Fourstarzz, dan Inzpire.me.

#5. Bergabung Bersama Komunitas atau Management

Sekarang ini, terdapat banyak management yang menaungi para influencer atau endorser. Mereka juga biasanya dapat membantu Anda untuk menemukan klien.

Management atau komunitas ini juga terbilang cukup efektif, karena beberapa produk biasanya memilih beberapa orang langsung atau ‘paketan’ untuk diendors.

Ingat jangan sampai Anda berfikir bergabung dengan manajemen akan memotong profit, Sekilas memang Iya. Tapi banjir job dari pihak manajemen masih worth it lah.

#6. Menjaga Engagement

Engagement adalah hubungan atau interaksi pemilik akun dengan pengikutnya. Instagram sudah memiliki algoritma untuk memperhitungkan engagement rate ini.

Usahakan hal tersebut tetap terjaga dengan baik, dengan menyempatkan diri untuk membalas komentar atau pesan dari orang lain. Intinya jangan malas berinteraksi.

Setelah audiens merasa dihargai karena komentarnya dibalas, hal tersebut memungkinkan jumlah share dan views akun Anda semakin meningkat. Sehingga entrepreneur memilih ada sebagai endorser yang mempunyai kredibilitas baik.

Ingat rata-rata calon penyewa jasa endorse sebelum bertanya soal rate harga, biasanya mereka ingin melihat insight atau engagement sosmed terlebih dahulu.

#7. Be Your Self

Menjadi diri sendiri merupakan hal penting. Karena dengan keunikan yang dimiliki orang akan tertarik untuk terus menerus melihat konten-konten buatan Anda, dalam jenis endorsement ataupun iklan sekalipun.

Berbeda halnya pada pemilik akun yang memiliki banyak kemiripan dengan content creator lainnya.

Menjadi diri sendiri akan membuat Anda menjadi sapi ungu dalam kumpulan selebgram yang sudah merintis sebelumnya, sehingga perhatian klien akan tertuju ke Anda.

Cara mendapatkan uang dari Instagram selain endorse adalah Anda bisa memanfaatkan akun diri sendiri sebagai lahan untuk berbisnis.

Lakukan endorsement atau promosi untuk memperkenalkan produk Anda sendiri, maka keuntungannya bisa lebih besar bahkan dengan memulainya tanpa modal.

#8. Manfaatkan Peluang

Jika terdapat sebuah kesempatan yang mampu mendatangkan keuntungan, maka ambilah dan manfaatkan sebaik mungkin. Misalnya gunakan hashtag (#) yang sedang trending dan kaitkan konten buatan Anda dengan hal tersebut.

Atau berkarya dengan cara collab dengan orang lain, selebgram ataupun influencers yang mampu membawa pengaruh baik pada akun juga citra Anda.

Ternyata, memang cukup banyak hal yang bisa dimanfaatkan sebagai cara mendapat uang dari Instagram. Berselancar di media sosial tidak hanya wasting time saja, tapi juga bisa produktif. Buatlah konten menarik sesuai keinginan sendiri dan manfaatkanlah berbagai peluang yang ada.

Anda juga bisa memulainya dengan menggunakan media tertentu. Tautkan profile di platform tersebut pada akun Instagram Anda, sehingga memudahkan klien untuk melakukan pengecekan.

Dengan mengalirnya job endors, maka pundi-pundi penghasilan yang masuk ke rekening ataupun pembayaran dengan paypal akan semakin bertambah.

 Advertisement
Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6282293857234

Tinggalkan komentar