Irfan Juniyanto Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6282293857234

Cara Membuat Toko di Tokopedia Langsung Dari Handphone

3 min read

Cara Membuat Toko  Di Tokopedia

 Advertisement

Tokopedia saat ini menjadi salah satu marketplace yang tengah populer. Terlebih, di situasi sulit dalam tatanan baru new world yang masih membatasi pergerakan. Berbelanja di Tokopedia sering menjadi pilihan paling aman.

Di sisi lain, bisnis berjualan di marketplace ini juga makin terbuka. Jika Anda tertarik, berikut ini cara membuat toko di Tokopedia secara lengkap dan runtut.

Cara Membuat Toko di Tokopedia (Gratis)

membuka toko di tokopedia

Sekalipun masih awam, Anda bisa mempelajari cara berjualan di Tokopedia dengan cepat. Ada 3 jenis seller dalam marketplace Tokopedia; Regular, Power Merchant, dan Official Store.

Berhubung masih baru, Anda tak bisa tiba-tiba langsung mendaftar Power Merchant ataupun Official Store. Mulailah dengan mendaftar menjadi seller reguler terlebih dahulu.

Cara Membuat Toko Di Tokopedia Untuk Pertama Kali

Untuk membuka toko di Tokopedia, Anda bisa langsung menggunakan akun personal. Pendaftaran toko pun dapat dengan mudah dilakukan lewat HP tanpa perlu banyak berkas untuk dilampirkan. Berikut caranya;

Baca Juga : Cara membuat toko di shopee

Hosting Unlimited Indonesia
  1. Buka aplikasi Tokopedia di akun Anda, jika belum punya bisa mengunduh melalui Play Store dengan mudah dan gratis.
  2. Masuklah ke akun pribadi dengan menggunakan email, no telepon, atau dari facebook. Klik pada menu Akun yang terletak di bagian bawah. Lalu pilih Akun Toko.
  3. Akan ada pop up muncul, tap sekali pada Buka Toko Gratis.
  4. Buatlah nama toko dan domain. Sebaiknya pilih nama yang mudah diingat agar bisa membekas di pikiran pelanggan. Sehingga, ketika sedang memikirkan sebuah produk, pelanggan akan memikirkan toko Anda secara langsung.
  5. Isi survey terkait pengalaman berjualan Anda. sebenarnya, Anda pun bisa mengabaikannya. Tapi, tak ada salahnya mengerjakan hal yang mudah ini untuk membuat Tokopedia makin mengenal Anda.
  6. Masukkan alamat toko dengan lengkap. Pastikan semuanya tepat, termasuk nama jalan hingga RT/RW-nya. Langkah ini akan memudahkan kurir saat hendak mengantar atau menjemput barang.
  7. Selesai, kini toko bisa mulai digunakan. Usahakan segera upload produk sebelum batas waktu 90 hari.

Membuat Toko di Tokopedia Terverifikasi

Setelah sukses menjalankan tata cara buat toko di Tokopedia, segeralah lakukan verifikasi pada toko Anda.

Selain mendapat poin, toko terverifikasi juga memiliki potensi lebih banyak dikunjungi pembeli. Tak perlu menunggu permintaan verifikasi dari pihak Tokopedia, Anda bisa mengajukannya sendiri untuk mempercepat prosesnya.

  • Ajukan verifikasi

Anda bisa mengecek apakah toko telah terverifikasi atau belum dengan mengakses menu Atur Akun, lalu pilih pada opsi Kartu Identitas.

Jika belum pernah mengajukan verifikasi ke Tokopedia, Anda akan mendapati keterangan ‘Belum terverifikasi’. Klik Kartu Identitas tersebut, dan Anda akan masuk ke laman selanjutnya. Klik Lanjut untuk memprosesnya.

  • Upload berkas yang dibutuhkan

Siapkan berkas yang dibutuhkan. Terutama KTP asli, bukan fotokopi. Lalu ikuti step berikut ini;

  1. Di tahap pertama, unggah foto bagian depan KTP, pastikan seluruh bagian masuk ke dalam frame, terbaca jelas, dan tak terpotong.
  2. Selanjutnya, ambil foto diri dengan KTP. Pastikan wajah Anda dan bagian depan KTP terlihat jelas dan tak ada yang menutupi area wajah.
  3. Selesai, Anda akan memasuki laman ‘Konfirmasi Kartu Identitas’, gunanya memastikan unggahan foto sudah terlihat jelas dan sesuai ketentuan. Jika ada yang masih kurang, Anda tinggal mengklik tombol Ubah dan take ulang.
  4. Konfirmasi

Segeralah mengunggah kartu identitas tersebut. Jika terdapat keterangan ‘Kartu Identitas Berhasil Diunggah’ artinya proses pengajuan verifikasi telah selesai.

Tunggulah hingga maksimal 1×24 jam, dan pihak Tokopedia akan mengirimkan hasil verifikasi ke email Anda.

Cara Upgrade Toko dan Menjadi Power Merchant

power merchant tokopedia

Power Merchant merupakan level keanggotaan seller yang lebih tinggi dibandingkan seller reguler. Dengan menjadi Power Merchant, berbagai fitur ekslusif yang berdampak besar bisa didapatkan.

Anda hanya akan dikenakan biaya senilai 1% dari tiap produk yang terjual.

Syarat Power Merchant

Power Merchant memiliki kuasa untuk memberikan layanan bebas ongkir senilai 20.000-40.000 pada pelanggan. Syaratnya dengan menggunakan akses pengiriman Anteraja dan SiCepat. Cara upgrade toko bisa dilakukan jika memenuhi 2 syarat berikut;

  1. Telah melakukan verifikasi pada akun toko dengan mengupload KTP Serta foto diri seperti langkah di atas
  2. Memiliki skor Performa Toko paling minim di angka 75, yang penghitungannya didasarkan pada beberapa hal berikut;
  3. Membalas chat customer dengan cepat, sekalipun tengah ramai pembeli. Balaslah maksimal 6 jam sejak waktu diterimanya pesan, tapi lebih cepat lebih baik.
  4. Presentase balasan chat untuk customer telah mencapai total 80% dari keseluruhan chat. Untuk mengatasi chat menumpuk  di saat libur, aktifkan fitur Balasan Otomatis.
  5. Kecepatan toko dalam memproses pesanan memakan waktu kurang dari 22 jam menggunakan logistik konvensional, dan maksimal 7 jam menggunakan logistik instan.
  6. Hindari pembatalan pesanan dan pelanggaran lain yang dilarang Tokopedia.
  7. Cara Mendaftar Power Merchant

Lalu, bagaimana cara mendaftarnya? Anda bisa melakukannya dengan simpel melalui cara ini.

  1. Aktifkan opsi status Power Merchant pada toko Anda dengan mengklik opsi ‘Upgrade jadi Power Merchant’ yang berada di sebelah kiri akun
  2. Atau, aktifkan aktivasi dengan memanfaatkan aplikasi TopSeller. Caranya, klik menu ‘Upgrade Tokomu’ di sisi kiri atas.

Terus tingkatkan nilai penjualan hingga menyentuh minimal transaksi 3 juta rupiah, atau minimal 10 transaksi pesanan guna mendapat fitur kirim broadcast chat gratis bagi seller Power Merchant.

Cara Mendaftar Official Store di Tokopedia

official-store-tokopedia

Tak hanya reguler dan Power Merchant saja, Tokopedia memiliki opsi untuk membuka Official Store. Meski kerap digunakan oleh perusahaan ternama, Anda pun berkesempatan untuk menjadi penjual dengan titel ini.

Biasanya Official Store merupakan opsi utama pembeli karena telah dipercaya keabsahannya. Pihak Tokopedia akan membantu jika Anda sudah menyelesaikan langkah berikut;

  1. Pada laman Tokopedia, klik opsi Daftar Jadi Official Store
  2. Akan muncul pop up yang menyatakan Anda Belum Memiliki Toko, di bagian bawahnya klik tombol Buka Toko Sekarang
  3. Isikan detail toko Anda, berupa;
  4. Nama toko
  5. Link toko dari Tokopedia
  6. Kota atau Kecamatan
  7. Kode Pos
  8. Centang pada persetujuan akan syarat dan ketentuan, klik Buka Toko Gratis
  9. Pilihlah tipe perusahaan yang sesuai dengan toko Anda
  10. Unggah dokumen perusahaan yang dibutuhkan, meliputi KTP, NPWP, serta dokumen lain sesuai ketentuan yang menyatakan lisensi resmi/ izin penjualan produk
  11. Baca perjanjian kerjasama dengan seksama dan setujui jika ingin melanjutkan ke tahap selanjutnya
  12. Lakukan pembayaran deposit sesuai ketentuan
  13. Masukkan produk apa saja yang hendak dijual
  14. Desain sendiri dekorasi toko Anda sesuai keinginan
  15. Selesai, tunggu hingga pihak Tokopedia menerima pengajuan Anda

Walaupun lebih rumit dan kompleks, menjadi Official Seller memiliki berbagai keunggulan yang tak didapatkan 2 model toko lainnya.

Tak sekedar bisa memanjakan pembeli dengan fitur gratis ongkir, seller Official Store akan lebih mudah pula dalam memaksimalkan promosi dan memberi diskon serta jaminan ke pembeli.

Cara membuat toko di Tokopedia terhitung cukup mudah untuk dilakukan. Tak perlu berpikir kompleks untuk cepat-cepat menjadi Power Merchant atau mendaftar di Official Store. Yang penting, mulai saja dulu. Dan terus kembangkan toko Anda dengan pelayanan dan promo terbaik.

Irfan Juniyanto Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6282293857234

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *