Cara Membuat Iklan yang Menarik Agar Jualan Anda Laris Manis

Cara membuat iklan yang menarik, mungkin inilah yang dicari para pelaku bisnis untuk meningkatkan profitnya. Beriklan memang cara yang sering digunakan para pebisnis untuk mendapatkan banyak pembeli, namun beriklan pun ada caranya agar Anda tidak boncos alias rugi.

 Advertisement

Kebanyakan para pebisnis langsung saja mengiklankan produknya di FB Ads, IG Ads atau di google Ads, tanpa tahu caranya. Jadi yang mereka dapat bukan untung tapi rugi, karena sudah mengeluarkan banyak uang untuk beriklan tapi yang beli produknya sedikit tentunya hal ini sangat merugikan.

Nah, jika Anda ingin beriklan Anda harus baca cara membuat iklan yang menarik berikut ini.

Prinsip Membuat Iklan yang Menarik

Sebelum Anda belajar membuat iklan yang menarik, terlebih dahulu Anda harus mengetahui prinsip dari iklan. Bacalah prinsip dari iklan berikut ini

  • Iklan Mesti Memiliki Hal informatif dan Bersifat Persuasif

Dalam dunia periklanan para pebisnis pastinya sudah tahu bahwa iklan yang memberikan informasi bermanfaat kepada pelanggan dan iklan yang bersifat persuasif pastinya akan sukses memikat hati para pelanggan.

Buat iklan yang simpel namun tetap menarik perhatian orang yang melihatnya. Sehingga orang yang melihatnya akan tertarik dan terus teringat-ingat dengan iklan Anda.

 Advertisement
  • Memahami Calon Pembeli

Mungkin jika Anda seorang pebisnis online pasti sering mengalami CLBK atau Chat Lama Beli Kagak. Hal ini disebabkan pelayanan service Anda belum bagus.

Cobalah untuk memahami calon pembeli Anda dengan mengajak ia mengobrol seperti teman Anda sendiri, dan tuangkanlah beberapa ilmu teknik closing dalam obrolan chat Anda dengan si pembeli pasti kejadian CLBK tidak akan terjadi.

Mungkin anda perlu memahami Teknik WhatsApp Marketing untuk meningkatkan penjualan.

Cara Membuat Iklan yang Menarik

Mungkin jika Anda baru terjun ke dunia bisnis membuat iklan merupakan suatu hal yang sulit, tapi nyatanya dengan terus belajar dan juga mempraktekannya membuat iklan itu bukan hal yang sulit.

Anda juga perlu mencoba belajar dan mencoba menerapkan online advertising.

Pada dasarnya membuat iklan itu harus dapat mendeskripsikan produk dengan cerdas dan juga inovatif. Saat ini, cara membuat iklan yang menarik sudah tersedia secara online. Anda bisa menemui berbagai jasa yang menawarkan cara pembuatan iklan yang menarik.

Akan tetapi, biaya untuk mengikuti kelas ini tentu tidaklah murah. Maka dari itu, daripada bingung lebih baik Anda ikuti tips membuat iklan yang menarik berikut ini.

1. Menggunakan Judul Iklan yang Dapat Menarik Perhatian

Jangan menganggap remeh masalah judul, walaupun hanya beberapa kata tapi beberapa kata inilah yang akan menjadi daya tarik iklan.

Biasanya orang itu malas membaca iklan yang panjang tapi jika judul iklan langsung menarik perhatian, maka akan banyak orang yang membacanya sampai akhir. Jika iklan semakin banyak dibaca orang, maka peluang terjual produk pun semakin besar.

2. Selipkan Kalimat Penawaran yang Sulit Ditolak

Cara membuat iklan yang menarik yang selanjutnya adalah membuat kalimat penawaran yang sulit ditolak. Kebanyakan orang dalam membuat iklan adalah fokus terhadap keunggulan produknya sehingga tidak ada daya tariknya.

Anda tau lah, customer tuh sudah tau anda sedang jualan, jadi mereka pasti tau yang anda infokan itu yang bagus-bagus, produk kompetitor mah jelek semua.

Tapi bukan itu yang mereka butuhkan lagi, pembeli itu sudah pada cerdas semua, mereka mau apa yang lo tawarkan, sehingga gue harus beli.

Anda bisa menyelipkan kata kata seperti “jika Anda beli sekarang saya kasih diskon 50% atau Anda bisa membuatnya dengan promo Anda sendiri.

3. Membicarakan Manfaat Produk Kepada Pelanggan

Dalam pembuatan iklan yang menarik tidak harus mengedepankan  penawaran yang besar kepada pelanggan. Dalam iklan juga harus ada kesan manfaatnya jika calon pembeli membeli produk dari kita.

Seperti jika Anda menggunakan baju dari toko kami maka kegantengan Anda akan naik, atau semacamnya buatlah sekreatif mungkin.

4. Mendorong Pembacanya untuk Bertindak (Call To Action)

Pasti jika Anda membuat iklan harapannya adalah yang membaca segera mengambil tindakan. Seperti mengklik link toko Anda, atau menghubungi Anda.

Ada materi bagus nih buat anda tentang “THE POWER OF CALL TO ACTION”, silahkan baca dulu biar anda tau bagian ini sangat penting untuk cara membuat iklan yang menarik.

Nah, untuk bisa seperti itu Anda harus menyelipkan beberapa kalimat yang mengandung kata menarik dan persuasif agar para pembaca terdorong untuk melakukan tindakan.

5. Membuat Iklan yang Mendesak Agar Para Pembaca Segera Membeli

Fungsi utama iklan pastinya untuk menghasut pembacanya untuk membeli suatu produk. Cara membuat iklan yang menarik juga harus terdapat kalimat-kalimat yang menghasut untuk segera membeli produk yang kita jual.

Anda bisa menggunakan kalimat ” Untuk 5 orang tercepat saya kasih diskon 50%”. Tentunya orang yang membaca ini pasti berebutan untuk mendapatkan diskon tersebut.

Ini cara untuk menghancurkan psikologi pembeli, manusia itu adalah mahluk rakus, mereka pasti tidak ingin kehilangan kesempatan ini.

6. Menampilkan Testimoni

Testimoni merupakan hal yang sangat penting dan berpengaruh untuk meyakinkan calon pembeli. Karena banyak cerita iklannya sudah menarik, pelayanannya sudah baik, tapi pembeli menghilang begitu saja.

Kasus ini disebabkan calon pembeli belum begitu yakin terhadap penjualnya, maka dengan mengumpulkan testimoni dan memperlihatkannya kepada pelanggan merupakan solusi yang tepat.

Anda tau tools WhatsApp Bulk Sender (WBSPro), sebuah tools untuk kirim pesan whatsApp masal, itu laku keras, 1500+ penggunanya sekarang. Salah satunya karena testimoni yang ada tuh dari para pakar marketing online sumua.

7. Mempercantik Tampilan Foto Produk

Dalam bisnis online tentunya foto produk merupakan hal yang sangat penting, karena kebanyakan orang akan tertarik terlebih dahulu pada foto produk dibandingkan deskripsi produk.

Maka sebelum mengupload foto produk, Anda harus mengeditnya terlebih dahulu seperti menambahkan logo toko Anda atau semacamnya. Tujuannya adalah menjadi perbedaan dengan toko lain, dan juga lebih menarik.

Menurut Seth Godin, seorang pakar internet marketer kelas dunia, mengatakan :

Put a Purple Cow into everything you build, and everything you do, to create something truly noticeable. It’s a manifesto for marketers who want to help create products that are worth marketing in the first place

8. Memberikan Nomor Telepon (WhatsApp) yang Dapat Dihubungi

Saya sering melihat iklan yang sudah bagus, tapi tidak terdapat nomor telepon (WhatsApp) yang dapat dihubungi.

Padahal hal ini sangat penting coba saja Anda bayangkan sudah cape-cape bikin iklan bagus tapi lupa memasukan nomor telepon, kalau ada pembeli yang tertarik dengan iklannya dan ingin membelinya tapi kebingungan cara menghubungi penjualnya.

Hal itu cuman ada di sistem konvensional, tapi tetap saja jika tidak ada nomor telepon, iklan yang Anda buat akan sia-sia.

Ini pun berlaku buat anda yang berjualan melalui sosial media, saat ini banyak pelaku bisnis yang promosi lewat media online seperti di facebook dan instagram, meskipun sudah ada fasilitas direct message ataupun messenger, tetap aja wajib mencantumkan nomor whatsApp.

Karena anda bisa melakukan teknik remarketing lagi dengan menggunkan whatsApp blaster, ingat medsos itu cuman media promosi. Urusan closing ada pada media pesan dan saat ini media kirim pesan paling banyak penggunanya itu adalah WhatsApp.

Kesimpulan

Membuat iklan tentunya hal yang sangat penting untuk membuat bisnis menjadi terkenal dan lebih maju.

Jika Anda baru terjun ke dunia bisnis, maka segeralah belajar cara membuat iklan. Jika Anda tertarik mengikuti kelas online cara membuat iklan maka Anda bisa mencarinya di google, banyak sekali yang membuka kelas.

Iklan sendiri ternyata ada jenis-jenisnya seperti iklan copywriting, story telleing, hard selling, dan soft selling.

Copywriting adalah jenis iklan yang kata-katanya tidak seperti sedang jualan, sedangkan story telling adalah jenis iklan bercerita biasanya cerita pengalaman pribadi yang berkaitan dengan produk yang di iklankan. Untuk lebih jelasnya Anda bisa mengikuti kelas online.

Itulah penjelasan lengkap tentang cara membuat iklan yang menarik. Bagaimana setelah Anda membaca penjelasan diatas apakah Anda sudah ada bayangan untuk membuat iklan yang bagus dan menarik.

Untuk ahli dalam membuat iklan tentunya perlu kerja keras untuk terus belajar dan praktek. Karena dengan ahli membuat iklan dan juga promosinya, profit bisnis Anda pasti akan meningkat.

 Advertisement

Tinggalkan komentar