Cara Memasarkan Produk Afiliasi Melalui Facebook Personal

 Advertisement
 Advertisement

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai cara memasarkan produk afiliasi menggunakan facebook organik (gratisan). artinya anda hanya menggunakan akun facebook pribadi untuk jualan.

Inilah pengalaman saya jualan produk affiliasi di masa-masa awal pengenalan, saya menjual produk affiliate menggunakan akun pribadi, alasanya jelas, selain waktu itu tidak tau facebook ads juga tidak kuat bayar iklan.

Hal yang paling penting adalah jangan bermimpi untuk bisa jualan puluhan sales produk digital, fokus pada penjualan 3-5 sales saja anda sudah mendekati tahap awal menjadi affiliate hebat.

Mengapa harus fokus 3-5 Sales saja

Pertama, target yang tidak terlalu tinggi anda bisa lebih fokus untuk mengejar angka tersebut.

Kedua, Anda hanya menggunakan facebook organik sehingga tidak ada beban biaya iklan yang harus anda bayar.

Ketiga, Komisi affiliate saat ini rata-rata di angka 150-300 ribu rupiah persales, angka ini cukup besar mengingat anda pemula dan tidak ada biaya iklan.

Cara Memasarkan Produk Afiliasi melalui facebook

Saat ini produk affiliasi yang paling ramai dibicarakan oleh para affiliate indonesia adalah tentang menjual produk/tools digital, ecourse dan tutorial online.

Add Pertemanan Tertarget

Poin paling dasar tentang suksensnya menjual produk affiliate menggunakan facebook adalah dengan cara menghapus teman yang bukan pebisnis online dan add pertemanan yang se niche.

Mengapa anda harus menghapus pertemanan yang bukan para pebisnis online, karena saya yakin anda sudah lama memiliki akun facebook sehingga temannya bisa jadi adalah Cewek Cantik kalo anda cowok, teman sekolah, teman sekampung dan teman yang asal di add dan confirm saja.

Hapus semua orang yang anda tidak kenal, terlebih mereka bukan pedagang, biarkan saja yang tersisa adalah orang yang anda kenal atau buat akun baru yang nantinya isinya adalah pertemanan tertarget.

Cara Add Pertemanan Tertarget di Facebook

Saat ini facebook sudah semakin canggih anda cukup mencari beberapa teman tertarget kemudian facebook akan merekomendasikan pertemanan yang sejenis.

Selain itu anda perlu menjalin pertemanan dengan para mastah atau mereka yang sudah lama bermain di bisnis affiliate ini, gunanya untuk menduplikasi ilmu mereka.

Join di banyak group tentang bisnis online, tapi bukan anda melakukan spam disana melaikan anda berinteraksi disana, biarkan mereka mencari tau sendiri siapa anda. dan kebetulan ada iklan produk affiliate anda disana.

Terakhir simpan no handphone mereka yang anda anggap sebagai target market, nantinya facebook akan menemukannya dan menyarankan pertemanan.

Cara mencari database no telepon tertarget saat ini banyak macamnya..

Note : 70% pebisnis online dan 30% Mastah Affiliate

Posting Yang Rutin Pagi, Siang, Malam, Jelang tengah Malam

Setelah itu yang anda harus lakukan adalah melakukan update status pagi, siang, malam dan menjelang tengah malam.

Saya biasanya memiliki jam-jam khusus, pagi saya posting jam 05.30, Siang 11.00, malam 20.00 dan terakhir 23.00.

Postingan ini kemudian yang akan membangun interaksi anda dengan teman di facebook, sehingga algoritma facebook akan merekam aktifitas tersebut dan status anda akan di prioritaskan.

Alasan saya membuat status di jam tersebut karena itu adalah waktu yang tepat menurut hootsuite ada beberapa waktu yang cocok untuk psoting status silahkan baca panduannya jika anda membutuhkan informasi tambahan. Baca disini.

Note : Untuk membangun interaksi gunakan status jika pagi dengan kata motivasi, siang tentang aktifitas anda dan malam tentang jualan serta tengah malam tentang statistik atau pencapaian anda (studi kasus).

Bangun Personal Branding

Personal branding adalah cara mempromosikan siapa diri anda, personal branding disini tidak perlu yang canggih-canggih. Minimal orang tau siapa anda dan apa yang anda jual.

Cara membangu personal branding yang sederhana antara lain

  • Ganti foto dan cover facebook anda agar terlihat profesional dan menggambarkan diri anda.
  • Posting sesuatu yang bermanfaat dan yang berkualitas dengan tema sesuai niche anda
  • Posting tentang pencapaian dan cara-cara yang anda gunakan (sukses dan tidak sukses)

Menulis Headline dan Copywriting

Postingan ini kemudian yang akan menjadi jangkar bisnis anda, disini adalah media anda untuk mempromosikan apa yang anda akan jual.

Sebenarnya ada banyak macam tehinik menulis postingan namun saya fokus kepada 2 saja. yaitu headline yang menarik dan copywriting yang menggigit.

Menulis Headline

Memang tidak wajib sebuah postingan di sosial media menggunakan headline, namun headline berfungsi untuk menjelaskan dengan sekilas apa inti dari postingan anda terlebih copywriting yang anda tulis sangat panjang.

Dalam menjual headline tentang angka dan hasil serta cara (tutorial) sangat powerful dalam menarik pembaca, gunakan keahlian anda untuk merangkai headline yang bagus.

Copywriting

Copy writing adalah tehnik menulis konten yang bagus agar informasi yang anda sampaikan dapat membuat orang tertarik dan kemudaian membeli produk anda.

Biasanya anda akan melihat status facebook para mastah affiliate kadang sangat panjang dan kadang juga sangat singkat.

Copywriting Singkat

Tulislah Copywriting singkat jika market anda sudah teredukasi dengan produk digital yang anda telah buat sebelumnya. sehingga mereka sudah cukup informasi dan tinggal melakukan tindakan order.

Biasanya copywriting singkat ini saya gunakan di hari-hari akhir penutupan penjualan produk digital. karena sejak diawal saya sudah menjelaskan dengan panjang.

Menulis Copywriting yang Panjang

Tinggal kebalikan dari yang diatas, anda harus memberikan penjelasan tentang produk apa yang anda jual, apa fitur-fiturnya, bagaimana manfaatnya, berapa harganya cara jual, kelebihan dan kekurangan serta kerugian mereka jika tidak beli produk ini.

Closing Menggunakan Aplikasi Chat

Hampir setiap postingan saya tentang sosial media bahwa sosial media digunakan fungsinya yaitu dua saja. Branding dan edukasi market.

Untuk interaksi dan chattingan anda membutukan sebuh aplikasi yang memudahkan anda untuk berkomunikasi ke tahap lebih lanjut.

Saya pribadi sering menggunakan Whatsapp dan Facebook Mesengger kedua tools ini sangat powerful.

Selain itu anda juga dapat memiliki database whatsapp mereka, sehingga data ini yang kemudian hari bisa dilakukan upselling terhadap produk affiliate anda mendatang.

Lead Magnet Untuk Membangun Database

Setelah semua langkah diatas anda lakukan maka anda akan siap ke taham cara menjual produk affiliasi menggunakan facebook ads dan email marketing.

Persiapkan ini jauh sebelumnya, untuk tahap awal anda bisa t lead magnet ebook untuk bisa mendapatkan kontak Whatsapp dan Email mereka.

Biasanya para pemilik produk digital sudah menyediakan ebook untuk anda gunakan sebagai lead magnet dalam menjual produk digital mereka.

Manfaatkan ini untuk mendapatkan leads yang sebanyak-banyaknya baik itu no whatsapp ataupun alamat email mereka.

Jangan Lakukan Ini Saat Posting Di Facebook

Cara memasarkan produk afiliasi yang terakhir.

Supaya postingan anda maksimal dalam menjangkau traffic organic anda, maka yang perlu anda ingat adalah jangan memberikan link aktif affiliasi pada status anda.

Ini akan sangat menghambat status anda dalam menjangkau pertemanan, gunakan kolom komentar untuk memberikan link atau hubungi mereka menggunakan facebook messenger.

Oke sekian dulu tips dari saya tentang cara jualan produk affiliate menggunakan facebook personal, semoga bisa anda praktekan dan mendatangkan manfaat bagi anda.

Silahkan share postingan ini, setiap share anda memberikan semangat tersendiri kepada saya untuk terus berbagi tulisan melalui blog ini.

 Advertisement
Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6289510637291

Tinggalkan komentar