Advertisement

Cara Memasang Iklan Di Youtube Agar Tidak Boncos

Bantu Share Gan...

Postingan sebelumnya saya sudah membahas tentang menghasilkan uang dari Youtube, rasanya belum lengkap jika kita tidak membahas juga cara memasang iklan di Youtube, harapanya setelah anda tau anda bisa meminimalisir boncos saat beriklan.

 Advertisement

Seperti yang anda tau Youtube saat ini merupakan sosial media berbasis video nomor satu di dunia, ada milyaran konten video di upload disana dan ada juga milyaran penontonya.

Sebagian besar orang mengakses Youtube melalui perangkat mobile, ini sejalan dengan strategi marketing efektif saat ini, yaitu mobile advertising.

Satu hal lagi berdasarkan penelitian bahwa orang akan membeli sebuah produk ketika mereka telah melihat videonya. Saya yakin sebagai pebisnis online anda sepakat dengan hal ini.

Yes… Beriklan di Youtube bisa menjadi salah satu kanal advertising untuk mendongkrak bisnis yang sedang anda jalankan.

Youtube bisa menjadi kanal video marketing anda saat ini.

Tapi, sebelum anda menekan tombol yes untuk beriklan di youtube, sebaiknya anda mengerti dasar-dasar iklan di youtube biar gak sekedar jadi aktifitas bakar-bakar duit.

Mengenal Youtube Advertising

Youtube advertising adalah cara menampilkan konten video anda melalui kanal Youtube. Iklan ini dipasang melalui google ads, nantinya video anda bisa muncul di kolom pencarian atau tampil saat di dalam video yang sedang di tonton.

Tentunya ini bisa meningkatkan presense, branding dan penjualan anda jika Youtube advertising ini anda jadikan sebagai salah satu kanal promosi bisnis anda.

#1. Wajib Di Penuhi Sebelum Beriklan di Youtube !!!

Paid advertising seperti ini rawan boncos jika tidak melakukan hal dasar, memilih kursus online tentunya lebih bagus jika ini adalah kali pertama.

Jika anda sudah paham dengan konsep paid advertising maka hal dasar yang harus anda clearkan ketika memasang iklan di Youtube yaitu konten video anda sendiri.

 Advertisement

Pastikan konten anda enak di tonton dan interaktif, karena jika tidak maka orang akan skip konten anda.

Video promosi dengan model konten animasi saat ini sangat mudah untuk mendapatkan perhatian penonton, tidak susah membuat konten promosi animasi jika anda bisa menggunakan Animatoon ini. Buat video animasi hanya pakai power point.

Ini kunci dari cara memasang iklan di youtube biar ga boncos.

#2. Tipe Model Iklan Di Youtube Yang Harus Dipahami

Setelah konten sudah anda pastikan bagus, menarik dan potensi di skip rendah, maka step selanjutnya yang harus anda pahami yaitu 3 cara Youtube menampilkan model iklan anda.

1.True View Ads

True view ads adalah model iklan yang paling banyak digunakan oleh para advertiser untuk menampilkan iklannya.

Karena model ini paling mudah disesuaikan untuk konten iklan anda, satu hal lagi yang paling di sukai yaitu advertiser hanya akan membayar iklan ketika ditonton oleh pemirsa atau mengklik call to action yang ada dalam iklan tersebut.

Begini cara anda membayar youtube ketika menggunakan True View Ads

Anda hanya akan membayar Youtube ketika iklan anda di tonton lebih dari 30 detik atau di klik/action. Iklan anda wajib berdurasi 12 detik sampai 6 menit.

Biar tidak bingung, ada 2 jenis iklan dari true view ads ini.

  • Video Discover Ads

Video discover ads atau lebih dikenal dengan display ads, adalah video yang muncul ketika orang mengetik pencarian di youtube.

Iklan ini tampil di halaman hasil pencarian, beranda youtube atau sidebar di video terkait.

Contoh iklan tampil di pencarian

Contoh Tampilan Video Discover Ads

Contoh iklan tampil di beranda Youtube

Iklan Youtube di Beranda
  • In-Stream Ads

In-stream ads adalah iklan yang di tampilka didalam konten video, video ini muncul di saat pertama kali penonton menonton video. Iklan ini berjalan 5 detik dan penonton bisa memilih untuk skip iklan saat itu juga tanpa perlu menunggu video selesai.

Anda juga bisa memasang iklan ini dimana saja melalui jaringan Google display network.

Kunci sukses dari beriklan di In-stream ads video anda harus benar-benar manarik, coba anda ingat-ingat lagi kapan terakhir anda nonton video di Youtube dan tidak skip iklan, seperti itu contoh iklan menarik.

video instream youtube ads

#2. Preroll Ads (Iklan Tidak Bisa Di Skip)

Preroll ads hampir mirip dengan in-stream ads, iklan ini diputar di dalam konten yang tampil saat penonton mulai menonton video. Hanya saja jika In-stream ads dapat di skip maka preroll ads tidak dapat di skip.

Posisi dari preroll ads ini bisa diletakan di awal konten, di tegah video sedang berjalan atau di akhir video yang di tonton.

Perbedaan yang selanjutnya adalah iklan ini hanya berdurasi pendek antara 15-20 detik, jadi penonton bisa menonton konten anda sampai selesai.

Kunci sukses beriklan menggunakan preroll…

Setiap tipe iklan memiliki kunci sukes masing masing, iklan preroll ini tidak dapat di skip dan jalan pada 5-20 detik, tugas anda membuat iklan yang clickable.

Artinya jika di liat sekilas orang di paksa penasaran dan harus klik. Youtube juga memotong uang anda berdasarkan pay per click.

Iklan ini bisa mendatangkan klik yang banyak, sehingga pastikan juga landing page anda siap menampung mereka, baik dalam design maupun kecepatan.

#3. Bumper Ads

Iklan ini hanya tampil selama 6 detik pada in-stream atau dalam video, iklan ini tampil di awal, juga tidak bisa di skip.

tampilan bumper ads di youtube (1) (1)

Iklan ini metrik dan pemotongannya menggunakan CPM alias cost per mile, logikanya iklan ini mengandalkan jangkauan pemirsa yang banyak.

Biasanya perusahaan besar menggunakan metode ini untuk membangun brand awereness.

Sebaiknya anda menyediakan dana yang cukup dan lama, karena menurut saya impact dari beriklan menggunakan bumper ads tidak langsung dan butuh waktu yang lama.

Jika modal terbatas maka pikir dua kali untuk menggunkan ini, iklan ini tidak bisa bercarita banyak tentang bisnis anda, mirip seperti IG and FB story pada sosial media.

Simpel, Cara Beriklan Di Youtube

Jika kedua hal diatas sudah sudah dipahami maka selanjutnya anda bisa mulai beriklan di Youtube.

Langkanya sangat mudah.

Pertama : Buat akun Youtube

Untuk beriklan di Youtube pastikan anda sudah memiliki akun Youtube terlebih dahulu.

Kedua : Upload Video Promosi Ke Youtube

Selanjutnya upload konten iklan anda ke Youtube, caranya sangat sederhana, buka akun Youtube dan lihat icon cam recorder plus di kanan atas dan pilih upload video. Ikuti instruksi selanjutnya.

upload video di youtube

Ketiga : Sambungkan Ke Google Ads

Untuk konek ke google ads banyak cara bikin bingung, sebaiknya anda langsung klik https://youtube.com/intl/en/ads/running-a-video-ad/ kemudian tekan start now dan akun anda akan terhubung.

Keempat : Isi Nama Promosi

Isi nama promosi anda sehingga anda mudah mengingat campaign mana yang sudah dan sedang anda jalankan.

Kelima : Masukan Iklan Video

Konten iklan yang sudah anda upload sebelumnya silahkan masukan link urlnya dikolom yang tersedia.

Caranya cukup buka video anda dan klik kanan kemudian salin url video dan pastekan ke kolom video youtube.

promosi video youtube

Bagian Bagaimana anda ingin menampilkan iklan di Youtube

Terdapat dua pilihan, disini jika anda fokus untuk mencari orang mengunjungi landingpage anda maka pilih opsi pertama.

Jika anda ingin orang fokus menonton konten anda maka pilih opsi yang kedua.

Butuh split test untuk menentukan konten mana yang berkonversi tinggi.

Selanjutnya isi judul dan deskripsi, usahakan judul dan deskripsi dapat memicu klik.

Keenam : Pilih Target Lokasi Iklan Anda

Selanjutnya anda tinggal melakukan penentuan target lokasi iklan anda berjalan, biasanya saya membaginya dalam 3 bagian, Indonesia Barat, Tengah dan Timur.

Lebih spesifik lagi saya hanya pilih kota-kota besar yang ada di dalamnya.

Ketujuh : Memilih Demografi

Anda bisa memilih kepada siapa saja video iklan yotube anda tayang, jenis kelaminnya apa, usianya berapa dan status keluarga.

Untuk di awal sebaiknya di centang semua agar anda bisa mendapat gambaran data yang akurat.

Kedelapan : Memilih Niat Pelanggan

Apa produk atau layanan yang ingin dibeli atau digunakan pelanggan Anda?

Anda akan di kasih dua pilihan, umum dan atau menggunakan layanan ini.

Saya sering memilih opsi kedua dan mencocokannya kira-kira dimana pelanggan anda berada. Sesuaikan dengan bisnis anda masing-masing.

Kesembilan : Sesuaikan Budget Iklan

Tentukan berapa budget iklan harian anda perhari mulai saja dulu langsung ke 50.000 atau 100.000 perhari sehingga bisa cepat membaca data yang di hasilkan. baca ketentuannya disini.

Kesepuluh : Terbitkan Iklan

Setelah itu tinggal pilih terbitkan iklan anda…

Mungkin anda bertanya materi yang awal di sampaikan kok tidak ada???

cara diatas adalah cara membuat kampanye di Youtube dengan cepat, sengaja saya sudah ingatkan hal-hal di atas sebelum beriklan di Youtube agar anda bisa belajar dan menguliknya sendiri.

sehingga panduan ini sifatnya universal, anda harus belajar lagi tentang google ads untuk di sesuaikan dengan bisnis anda.

Karena kalau dijelaskan satu persatu akan sangat panjang sekali postingan ini, jika anda ingin kursus belajarlah kepada ahlinya seperti Gus Nana, Advirtiser yang sudah di sertifikasi google (google partner).

Semoga panduan cara memasang iklan di Youtube ini bisa bermanfaat untuk bisnis anda kedepan, silahkan share postingan ini jika dirasa bermanfaat.

 Advertisement
Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6282293857234

Tinggalkan komentar