Cara Kerja Affiliate Marketing Dan Cara Memulainya

Belajar Bisnis Online & Digital Marketing Bareng Saya

Sharing ini khusus untuk Anda yang benar-benar pemula, yang merasa sudah jago mending jangan masuk (NO DEBATE)

Jika Anda masih bingung dengan cara kerja affiliate marketing, maka postingan kali ini wajib Anda baca sampai selesai. Sehingga Anda bisa tau bagaimana cara memulainya dan mulainya darimana.

Pastikan Anda cukup memiliki alasan kuat untuk terjun di industri ini, karena industri ini hanya untuk orang-orang yang kuat.

Jika kamu serius terjun di bisnis ini, hal yang paling penting adalah mengenal secara detail bisnis ini dan bagaimana industri bisnis ini bekerja.

Kita samakan dulu frekuensinya dari definisi.

Apa Itu Affiliate Marketing

Di postingan sebelumnya saya setidaknya sudah menjelaskan definisi dari affiliate marketing. Dan postingan kali ini sebagai penegasan dan aplikasinya.

Affiliate marketing itu adalah salah satu bentuk dari internet marketing dimana Anda bisa menghasilkan uang dari Internet. Bisnis ini sangat praktis, modal murah dan minim resiko. Karena semua proses dari mulai konsep, produksi, distribusi , materi promosi dan layanan purna jual sudah di handel oleh vendor (Perusahaan/Individu).

Pada prinsipnya produk yang Anda jual itu sudah ada marketnya, karena setiap vendor pasti sudah melakukan riset mendalam sebelum mereka launching produk tersebut.

Jadi tugas Anda hanya menjadi satu-satunya orang yang omongannya dapat di percaya sehingga mereka membeli dari link afiliasi Anda. Salah satu yang membentuk kepercayaan orang yaitu personal branding.

Sampai disini semakin paham kan tentang apa itu affiliate marketing?

Alur Kerja Affiliate Marketing

alur kerja bisnis affiliate
mysurel.com

Simpelnya…

Alur kerja affiliate marketing ini hanya melibatkan 3 orang saja.

1. Vendor

Vendor mereka yang membuka produknya untuk di afiliasikan, entah nantinya produk tersebut di taruh di platform seperti marketplace (affiliate network) atau mereka menggunakan platformnya sendiri. Vendor ini bisa dalam bentuk perusahaan atau perorangan,

2. Marketer

Marketer atau biasa di sebut dengan affiliate marketer, yaitu mereka para marketing yang memang kerjaannya untuk jualan produk afiliasi, mereka menjual di semua platform yang mana bisa di sematkan link afiliasinya. Misalkan website, youtube atau sosial media lain yang memungkinkan audiens bisa ngeklik link tersebut. (link hidup).

3. Pembeli

Mereka adalah target market yang sudah di riset oleh vendor sebagai calon pembelinya dan strategi penjualannya sudah di eksekusi oleh affiliate marketer. Mereka adalah orang-orang yang sudah terbiasa melakukan belanja secara online.

Bagaimana Affiliate Marketer Dibayar (Mendapatkan Uang)

Paling tidak ada 3 istilah pembayaran yang populer digunakan oleh vendor untuk membayar affiliate marketer.

  • Pay Per Click (PPC) -> Anda akan di bayar atas semua klik yang Anda hasilkan atau kirimkan ke vendor, entah itu mereka jadi membeli, menjadi leads atau hanya sekedar klik saja.
  • Pay Per Leads (PPL) –> Anda akan di bayar ketika orang yang klik link affiliate Anda dan mengisi formnya, sehingga menjadi leads. Ntah itu mereka jadi beli atau tidak itu bukan urusan Anda lagi.
  • Pay Per Sale (PPS) –> Anda hanya akan dibayar ketika pembeli membeli dari link affiliate Anda.

Di Industri affiliate Indonesia rata-rata paling banyak adalah menggunakan metode Pay Per Sale (PPS), paling tidak di Industri affiliate produk digital seperti yang saya jalani sistem pembayarannya hampir 100% menggunakan PPS.

Mengenal Affiliate Network

Saya akan bahas sedikit soal affiliate network, saya memahami ini seperti marketplace yang membuka sistim afiliasi. Dimana pada platform tersebut sudah berkumpul para affiliate yang menunggu vendor untuk mensubmit produknya dalam sistem tersebut.

Saya kasih contoh langsung aja.

Affiliate Produk Fisik

Saya akan beri 2 contoh untuk produk fisik, Dunia & Indonesia

Amazon

Amazon merupakan salah satu marketplace terbaik dunia, Pendirinya adalah Jeff Bezos. Marketplace ini membuka sistem affiliasi, dimana para affiliate marketer bisa menjual semua produk yang ada disana dengan sistem afiliasi.

Bukalapak

Di Indonesia sendiri, Bukalapak menjadi salah satu marketplace di Indonesia yang membuka program afiliasi yang mirip Amazon. Beberapa marketplace seperti Shopee & Tokopedia juga punya program afiliasi tapi kelola oleh pihak ke tiga seperti involve.asia.

Affiliate Produk Digital

Produk digital juga banyak juga di gandrungi oleh para affiliate, karena memang semua transaksi dilakukan secara digital, tidak ada interaksi fisik. Khusus Indonesia produk digital juga cukup unik.

JVzoo

Jvzoo adalah salah satu affiliate network terbesar di dunia saat ini. Platform ini di dirikan oleh E. Brian Rose. Disini tempat ngumpulnya para affiliate dunia yang menjual produk digital. Biasanya para affiliate marketer Indonesia mencari produk disini untuk dijadikan bonus saat jualan produk affiliate di Indonesia.

Ratakan

Di Indonesia sendiri ada Ratakan, salah satu affiliate network yang masih eksis sampai saat ini, banyak produk digital yang dijual disana dan Anda bisa mendaftar disana untuk menjadi affiliate yang menjual semua produk digital yang di display disana.

Uniknya Di Indonesia

Di Indonesia sendiri kebanyakan vendor yang saya kenal tidak menaruh produknya di affiliate network yang sudah ada, kebanyakan mereka menjual sendiri produknya. Hal makin menjamur setelah Mesin Kreatifits mengeluarkan produk Sejoli Membership yang memungkinkan semua orang untuk jual produk digitalnya sendiri secara afiliasi.

Semoga postingan kali ini bisa membarikan gambaran jelas bagi Anda tentang cara kerja affiliate marketing, jangan lupa share jika bermanfaat ya.

 Advertisement

Irfan Juniyanto saleh

Seorang yang tertarik dengan Digital Marketing & Bisnis Online, berbagi pengalaman menjadi passion saya, karena hidup musti bermanfaat.

Tinggalkan komentar