Cara Jualan Online Di Facebook Bagi Pemula, Laris Manis & Tanpa Modal

 Advertisement

Saat ini memulai sebuah bisnis itu jauh lebih mudah ketimbang jaman dahulu, cukup anda tau cara jualan online di facebook, bisnis anda jalan, laris manis, meskipun anda pemula, bahkan nyaris tanpa modal.

Permasalahaannya kebanyakan orang gagal jualan di facebook karena hanya tau sekedar posting jualan kemudian berharap jualannya bisa laris manis.

Itu salah total, untuk sampai ke jualan online laris manis di facebook ada caranya, ada step by step yang harus anda lakukan diawal dan kabar baiknya saya akan memberitahukan ke anda.

Silahkan anda baca postingan ini secara urut, sabar dan pahami kemudian praktekan. gak perlu baca sekaligus kasih jeda untuk setiap poinnya biar lebih paham.

Setelah praktekin dengan benar insya allah jualan online di facebooknya makin laris.

Tutorial Jualan Online Di Facebook Bagi Pemula

Panduan jualan online di facebook ini mungkin belum pernah anda temukan, atau bisa saja tidak lengkap, saya akan berusaha untuk melengkapinya.

Jualan online di facebook itu yang harus anda pahami ada dua hal saja, yaitu apa itu algoritma facebook (edgerank) dan Engagement.

Kedua hal tersebut kemudian akan membantu melancarkan strategi anda selanjutnya sehingga jualan online cepat laku atau laris manis menggunakan kanal ini.

Semuanya saya akan jelaskan pada postingan ini, tolong dibaca dengan seksama dan dipahami secara runut.

Mari kita memulainya….

Algoritma Facebook (edgerank)

Apa itu algoritma facebook (edgerank)? simpelnya edgerank adalah kumpulan matriks facebook dengan berbagai macam variablenya.

Hal ini menentukan postingan atau konten mana yang akan tampil di newsfeed atau beranda pada teman atau pengikut facebook anda, baik facebook personal ataupun fanpages.

Seperti Anda ketahui facebook personal jumlahnya hanya 5000 pertemanan dan tidak semua postingan anda dapat dibaca oleh ke 5000 teman anda tersebut.

Begitu juga dengan fanpages, meskipun fans anda tidak dibatasi jumlanya tapi tidak semuanya akan bisa melihat postingan dari konten jualan anda.

Bagaimana Facebook Algoritma (Edgerank) Ini Bekerja?

Sebagaimana dikatakan diawal facebook memiliki matrik-matrik untuk memperhitungkan semua konten anda.

Lalu apa saja yang mempengaruhi matriks tersebut?

✅ Afinitas : Facebook memperhitungkan postingan anda relevan berdasarkan kedekatan seperti keluarga dekat, sahabat dan fanpages yang sering anda kunjungi.

✅ Jenis Konten : Facebook menimbang postingan berdasarkan kualitas konten, apakah bermanfaat dan disukai banyak orang atau hanya sekedar sampah. Konten itu termasuk tulisan, video dan gambar.

✅ Interaksi : Facebook Akan menampilkan setiap postingan lebih sering di beranda jika memiliki interaksi yang banyak, interaksi itu misalnya jumlah share, komentar, suka dan reaksi pada postingan anda.

✅ Aktual : Postingan yang lebih fresh akan diprioritaskan, penting untuk tau jam untuk posting di facebook, tapi ingat jangan sampai dalam sehari melebihi 5 postingan, anda akan kena pinalti, serius.

✅ Variasi Postingan : Orang akan bosan jika postingan itu-itu saja, coba buat variasi postingan dalam sehari apakah tulisan saja, gambar dan tulisan, video atau url link website anda.

Sekarang anda sudah tau apa saja yang dipertimbangkan oleh facebook sehingga postingan anda akan dilihat oleh banyak orang.

Facebook Engagement

Facebook engagement adalah sebuah tindakan yang dilakukan pada facebook profil dan halaman anda. baik berupa share, komen dan like dan reaction. dan juga klik pada setiap postingan anda.

Semakin tinggi engagement facebook anda maka semakin banyak dan semakin sering orang akan melihat postingan jualan online anda. tentunya ini akan meningkatkan penjualan bisnis online anda.

Cara Meningkatkan Engagement Facebook

Mungkin anda bertanya lalu bagaimana cara agar bisa meningkatkan engagement facebook sehingga bisa meningkatkan presense online brand anda.

  • Publikasikan konten original yang bermanfaat dan menarik sehingga orang suka dan memperhatikan postingan anda.
  • Buat konten dengan memperhatikan sudut pandang dari target anda, bukan dari sudat pandang anda.
  • Respon apapun interaksi yang timbul dari setiap postingan anda, meskipun hanya reaksi atau like saja, respon dengan komentar yang berbobot.
  • Perhatikan ukuran gambar dan durasi panjang video yang setiap kali anda upload konten
  • Perhatikan pada jam berapa saja mereka cenderung melakukan online.
  • Bangun brand anda, pastikan setiap postingan anda tersemat logo brand anda.
  • Curi perhatian customer anda, lakukan pendekatan personal dengan mereka dan jangan kaku, usahakan interaksi berjalan dua arah.

Untuk mensiasati edgerank dan juga engagement di facebook saat ini anda tidak perlu melakukannya secara manual, anda bisa menggunakan tools powerful dibawah ini, silahkan lihat dulu fiturnya.

Sampai disini anda sudah tahu variable-variabelnya, ini modal dasar, selanjutnya kita akan mengoptimasi setiap fitur yang sudah disiapkan facebook agar jualan online anda laris manis.

Rahasia Jualan Online Laris Di Facebook

Postingan ini membongkar semua kanal facebook yang banyak digunakan oleh pebisnis online dan juga cara optimasinya agar jualan online laris manis.

Jualan Menggunakan Facebook Profil (FB Pribadi)

Facebook profil atau facebook pribadi adalah kanal paling purba, ini yang pertama dibuat facebook sehingga membuat mereka menjadi media sosial terbesar saat ini.

Pertama sekali saya memulai kanal penjualan juga dari sini, sangat menghasilkan diawal-awal ketika saya baru memulai berjualan online di facebook.

Rahasianya ada disini.

➡️ Bangun Personal Branding Pada Facebook Personal Anda

Gunakan akun personal anda untuk membangun personal branding yang akan berdampak pada brand anda.

Dulu saya menyarankan untuk membuat akun baru dengan nama brand, tapi beberapa akun fake saya tersebut kena razia dari facebook, meskipun saat ini ada juga akun dengan nama brand yang tidak kena ban.

Tapi untuk lebih aman, gunakan saja akun personal anda dan kemudian di optimasi dengan membangun personal brand.

➡️ Cara Teman Yang Berpotensi Untuk Membeli Produk Anda

Tentukan di awal produk apa yang anda akan jual, kemudian lakukan add pertemanan tertarget, pikirkan kira-kira siapa saja mereka yang butuh produk anda.

Ingat, anda hanya dibatasi dengan 5.000 pertemanan, sehingga semuanya wajib adalah teman yang potensi atau membutuhkan produk anda nantinya.

➡️ Bangun Interaksi Dengan Mereka

Ini adalah perkerjaan berat, anda harus mulai care terhadap setiap postingan mereka untuk meningkatkan engagement, komen setiap postingan mereka dengan komen yang panjang dan berbobot.

Jangan hanya sekedar like atau memberikan emot reaksi, komen senatural mungkin.

Jika ini sudah dilakukan maka ketika anda membuat postingan maka merekapun akan melihat setiap postingan anda.

➡️ Buat Postingan Yang Menarik

Diawal-awal jangan langsung hard selling pada setiap postingan, itu sangat menggangu teman baru anda. Ini ibarat menyatakan cinta pada perempuan yang baru anda kenal, pasti ditolak.

Buat saja postingan yang bermanfaat dan menarik, sehingga mereka akan senang berinteraksi dengan anda.

➡️ Soft Selling

Gunakan postingan jualan yang soft selling, bukan langsung ke produknya, pada step ini anda akan menemukan pembeli yang benar-benar serius dan butuh produk anda.

➡️ Gunakan Story Untuk Hard Selling

Setelah engagement mulai naik, gunakan fitur story saja untuk melakukan hard selling, sehingga tidak akan menggangu beranda facebook anda.

➡️ Panen Segera

Ketika setiap postingan anda mendapat engagement yang tinggi silahkan coba untuk test 1 dan dua produk dalam 2 hari sekali dan liat bagaimana respond dari mereka.

Jika sepi interaksi berarti engagementnya belum sempurna, silahkan optimasi lagi, jika tinggi maka gempur mereka dengan postingan jualan.

Sampai disini anda sudah mulai menghasilkan uang hanya dengan menggunakan facebook personal.

Jualan Online di Facebook Group

Setelah pertemanan tertarget anda mencapai 5.000, engagement facebook anda tinggi, dan jualan sudah stabil (setiap hari ada jualan).

Itu pertanda anda harus melebarkan sayap pada fitur penjualan di facebook lainnya. yaitu facebook group.

Tapi ingat jangan sembarangan join.

Sama seperti menambah pertemanan tertarget, facebook group juga harus tertarget atau gunakan group portal jual beli.

Lakukan hal ini jika target market anda seperti ini.

➡️ Target market lokal

Usahakan diawal-awal anda lebih bagus target market anda lokalan, karena bisa jadi pertemanan anda yang 5.000 orang itu juga join di group tersebut.

Algoritma facebook akan menandai teman anda tersebut sehingga dia bisa melihat lagi postingan jualan anda. double view dapat meningkatkan kesadaran mereka 2x lipat lebih bagus.

Prioritaskan bergabung ke group group jual beli lokal terlebih dahulu atau group dengan jumlah member besar di daerah anda, temukan group tersebut, saat ini setiap daerah pasti ada.

Ketika anda sudah diterima di group tersebut, jangan langsung jualan, usahakan untuk berinteraksi pada setiap postingan yang muncul.

Mungkin notifikasi anda akan berantakan, tapi ini dapat melebarkan jangkauan ke lebih banyak orang pada group tersebut.

Bangun engagement sebagaimana membangun engagement pada facebook personal.

Kemudian coba untuk memposting jualanan, dan lihat apakah postingan anda sudah mendapatkan banyak respon dari member group, jika iya, selamat menikmati, jualan enjoy.

➡️ Jika target market anda se Indonesia

Tentunya ini jauh lebih sulit, tapi tidak masalah, usahakan anda add pertemanan di awal juga targetnya teman se Indonesia.

Agar anda tidak bingung dan akhirnya jadi spam di group sana-sini, syarat yang paling bagus adalah melakukan join group sesuai dengan niche bisnis anda.

Misalkan bisnis anda adalah kosmetik, maka pikirikan, group yang kebanyakan anggotanya adalah wanita dan suka kecantikan atau sejenisnya.

Kemudian lakukan hal yang sama, jangan langsung jualan, bangun dulu interaksi di group tersebut.

Sekarang ini facebook punya tanda (simbol kecil setelah nama anda), untuk member baru, member aktif dan lain-lain, sehingga mudah dibedakan.

Kemudian lakukan split test dengan posting beberapa postingan dan lihat engagementnya, jika masih rendah upayakan lagi.

Cara Jualan Di Marketplace Facebook

Setelah jualan menggunkan di group facebook sudah menghasilkan, mungkin anda butuh penjualan yang lebih masif lagi.

Sekarang anda bisa menggunakan fitur facebook marketplace untuk berjualan.

Sayangnya fitur ini hanya efektif jika target marketnya adalah lokalan, radiusnya tidak jauh dari tempat anda tinggal.

Selain itu tidak semua akun facebook bisa mendapatkan fitur marketplace ini. Silahkan cek apakah akun anda termaksud akun yang beruntung. cek disini.

Sampai saat ini saya tidak tau kenapa tidak semua akun mendapatkan fitur ini, saya juga pernah bertanya ke tim facebook Indonesia tapi kata mereka belum dapat bocoran untuk hal ini.

Saya sudah membahasnya secara detail tentang cara jualan di facebook marketplace silahkan dibaca-baca jika anda ingin mendalaminya.

Facebook Market Place Indonesia : Cara Mudah Tingkatkan Omset

Namun poin pentingnya ada disini.

✅ Target market hanya khusus untuk bisnis lokal

✅ Gunakan radius yang tidak terlalu jauh dari lokasi (-+30 Km)

✅ Maksimalkan semua slot foto yang tersedia

✅ Isi deskripsi secara detail dan harga yang benar

✅ Split test ke beberapa kategori untuk setiap postingan

✅ Konversi rendah, butuh banyak interaksi untuk mendapatkan closing

✅ Hampir setiap saat masuk chat bertanya, jangan bosan membalas

✅ Share juga ke beberapa group jual beli yang anda join didalamnya

✅ Share juga postingan di beranda

Bangun Brand Menggunakan Halaman Facebook

Setelah semua langkah diatas anda lakukan, maka seharusnya anda sudah mulai dikenal sebagai salah satu penjual online di bisnis tersebut.

Sekarang saatnya membangun brand anda sendiri untuk bisnis online anda dengan menggunakan halaman fanpages, hal ini sangat penting jika anda serius untuk jualan online di menggunakan kanal facebook.

Lalu bagaimana cara membuat halaman facebook? tenang saja sangat mudah ikuti langkah-langkah berikut ini.

✅ Cara Membuat Fanpages Di Handphone

Buat halaman facebook dengan mudah hanya melalui handphone, caranya mudah.

  • Buka aplikasi facebook di smarthone dan pilih garis tiga di pojok kanan atas.
cara membuat fanpages
  • Pilih ikon bendera orange seperti pada gambar dibawah ini
Tips Berjualan Online
  • Pilih Buat
Buat Halaman Facebook
  • Ikuti instruksi selanjutnya
Optimasi Fanpages

Hal paling penting yang harus diperhatikan dalam membuat fanpages untuk branding adalah.

  • Foto profil harus berupa favicon atau logo brand anda
  • Pilih kategori bisnis sesuai dengan bisnis anda
  • Design juga cover halaman fanpages dengan profesional, gunakan canva jika anda tidak bisa design. ada template fb cover disana.
  • Edit username dengan nama bisnis anda @namabisnis
  • Isikan halaman tentang dengan lengkap
  • Lampirkan alamat lengkap bisnis anda
  • Koneksikan akun whatsapp bisnis ke fanpages
  • sematkan URL website/toko online anda jika punya, jika belum silahkan order disini

✅ Cara Mengoptimasi Fanpages

Setelah halaman fanpages facebook anda sudah siap, saatnya memulai untuk mengoptimasi halaman terebut.

Sekali lagi jangan pernah capek dalam melakukan optimasi…

  • Post 5 Konten Perhari

Diawal fanpages jadi, posting 5 konten sehari selama seminggu. Konten yang di posting adalah konten yang bermanfaat, menarik dan menghibur yang masih ada hubungannya dengan bisnis/produk anda.

Tujuannya agar ketika mengundang teman untuk suka, fanpages anda tidak dalam keadaan kosong dan mereka suka postingan anda.

  • Undang Teman Untuk Suka

Sekarang, silahkan undang teman anda untuk menyukai fanpages anda, undang semua.

Jika kamu punya teman dengan niche yang sama, maka kamu juga bisa menyuruh teman anda untuk mengundang semua list pertemanan mereka menyukai fanpages anda.

Baca Juga : Cara Memperbanyak Like Facebook Fanpages

Temukan mereka sebanyak mungkin, ingat titik aman pertama untuk sebuah fanpages yang menghasilkan jumlah likenya 10.000 likers.

  • Posting Minimal Sehari Sekali

Jika memungkinkan anda bisa memposting konten 5 kali sehari, tapi jika tidak maka sehari sudah cukup asalkan konsisten.

Pertimbangkan jam-jam audiens anda sering online.

Ingat, jangan jualan dulu, posting saja konten yang bermanfaat, menarik dan menghibur dan masih berhubungan dengan bisnis anda.

Ingat juga konten itu berupa teks, video, gambar dan gift.

Lalu kapan anda bisa posting konten jualan? kalo jangkauan (reach) bagus dan likers sudah 10.000 orang.

Sabar saja, jangan buru-buru melakukan monetisasi fanpages, gunakan saja kanal yang sudah di bangun sebelumnya.

  • Buat Komunitas Melalui Fanpages

Untuk memaksimalkan fanpages anda, silahkan pilih menu komunitas dan buat komunitas, ini sama seperti group facebook.

Tujuannya adalah untuk menjadikan group ini sebagai kanal baru dan juga kolam emas buat anda.

Gunakan Iklan Berbayar Facebook Ads

Fanpages sangat erat kaitannya dengan facebook ads, karena facebook ads hanya bisa berjalan melalui kanal fanpages.

Sudah bukan rahasia umum, saat ini facebook ads merupakan media promosi utama yang dilakukan oleh banyak brand di Indonesia.

Jika anda memiliki modal lebih, maka sebaiknya anda menyiapkan budget untuk beriklan di facebook.

Saran saya jika anda tidak tahu menggunakan facebook ads, maka sebagiknya untuk menyewa jasa facebook ads, salah satunya Gamma Advertisa.

Hal ini untuk meminimalisir kerugian dan aksi bakar-bakar uang karena iklan yang dijalankan tidak menghasilkan.

Tidak banyak yang ingin saya bahas disini, karena mungkin tulisan ini akan semakin panjang jika dijelaskan satu persatu.

Dilain kesempatan saya akan membahas tentang cara beriklan di facebook ads mulai dari dasar sampai tingkat ahkir sesuai yang saya pahami.

Sekian dulu postingan saya kali ini tentang cara berjualan online di facebook, jika bermanfaat bisa di share.

×

Bonus ini Hanya Berlaku Hari inI 22 Oktober 2020 Sampai Pukul 23.59

Klik Disini