Cara Iklan di Instagram untuk Menaikkan Omset Penjualan Bisnis Online

Belajar Bisnis Online & Digital Marketing Bareng Saya

Sharing ini khusus untuk Anda yang benar-benar pemula, yang merasa sudah jago mending jangan masuk (NO DEBATE)

Hanya ada 2 pertanyaan besar bagi penggila bisnis di Instagram, yaitu Tools Instagram apa yang dipakai dan bagaimana cara iklan di Instagram.

Beriklan di Instagram untuk menaikkan omset penjualan bukan lagi hal baru bagi pelaku internet marketing yang menggunakan Instagram sebagai kanal penjualan.

Instagram yang merupakan salah satu media sosial tempat orang untuk berbagi foto dan video bisa menjadi tempat atau platform jualan yang sangat menjanjikan.

Instagram memiliki fitur Instagram ads untuk tempat beriklannya. Instagram ads digunakan untuk menjangkau target audiens lebih luas dengan karakteristik yang beragam.

Keuntungan beriklan di instagram

  • Kampanye iklan tertarget
  • Meningkatkan presense brand
  • Mendapatkan fresh leads
  • Meningkatkan traffic website
  • Mempercepat omset penjualan.

Mengapa Harus Beriklan Di Instagram?

Masyarakat Indonesia mayoritas menggunakan instagram hampir setiap hari mulai dari melihat postingan teman sampai dengan mencari produk-produk yang mereka inginkan.

Angka Statistik yang menggiurkan….

Data dari instagram mengatakan hampir 60% penggunanya mengaku menemukan produk baru dari Instragram. Sebanyak 75% bahkan mengaku melakukan action pembelian setelah melihat iklan di instagram.

Bahkan data yang saya temukan langsung dari audiens insight facebook cut of 25 Desember 2019 sangat menggiurkan.

Terdapat 60-70 Juta pengguna aktif instagram dengan rentang usia pengguna terbanyak 18 – 35 tahun, Komposisi 47% perempuan dan 53% laki-laki.

data pengguna instagram di indonesia 2020

Keberadaan Instagram ads sama halnya dengan Facebook ads karena memang keduanya dikelola oleh perusahaan yang sama.

Di kedua media sosial tersebut Anda bisa mengatur target audiens mulai dari jenis kelamin, umur, pendidikan, minat sampai wilayah tempat tinggalnya.

Biaya iklan yang dibebankan pada Anda adalah hasil akumulasi dari target audiens yang ingin dicapai.

Dengan segudang keuntungan ini menjadi sebuah hal wajib untuk anda tau bagaimana cara iklan di instagram dengan baik dan high conversion.

Sudah tidak sabar untuk menggunakannya? Jalankan kampanye anda dengan mengikuti cara singkat dibawah ini.

Cara Iklan di Instagram Dengan Singkat dan Mudah

#1 Membuat akun Facebook business manager

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa Facebook dan Instragram dikelola satu perusahaan yang sama maka cara iklan di Instagram menggunakan  dashboard dari Facebook ads.

Untuk bisa beriklan di instagram Anda harus membuatnya terlebih dahulu akun facebook business.

#2 Claim untuk beriklan di Instagram

Setelah memiliki akun Facebook business saatnya menautkan ke akun Instagram dengan cara claim supaya bisa memulai beriklan.

Caranya simpel…

Buka menu Facebook business manager lalu masuk ke pengaturan pilih Instagram accounts. Jika akun Anda masih baru bisanya proses claim ini memerlukan beberapa waktu terlebih dahulu untuk disetujui.

Cara lain: Selain melalui Facebook business manager Anda bisa menggunakan cara iklan di instragam dengan Facebook power editor, Facebook marketing API dan Instragam partner (Jasa Agency).

Untuk Facebook power editor dan Facebook marketing API bisa Anda gunakan jika akan membuat iklan dalam jumlah yang banyak dalam beberapa akun dalam waktu bersamaan.

Sedangkan Instagram partner adalah expart yang bisa membantu Anda dalam menggunakan kampaye di instagram ads tanpa perlu pusing memikirkan strateginya. Anda cukup pay and sleep.

Setelah melewati proses pembuatan akun ibarat kata Anda sudah mendapatkan kunci rumahnya sekarang saatnya untuk Anda mengetahui cara beriklan di instragam yang bisa Anda dijadikan bahan referensi

#3 Tentukan objek campaign

Objek campaign atau bahasa sederhananya adalah tujuan dari iklan Anda.

Tujuan ini bisa mengajak orang untuk membeli produk dan jasa atau memberikan informasi kepada audiens mengenai suatu hal.

Facebook secara otomatis akan membantu Anda dalam menentukan format iklan, bidding options dan lainnya yang sesuai dengan iklan Anda.

Contoh beberapa objek campaign yang ada di instragam ads yaitu brand dan lokal awareness, reach, traffic, store visit, product sales, conversions, video views dan lainnya.

Saya sendiri hanya menggunakan 3 objective iklan saja.

  1. Brand awareness untuk mencari database pixel dan mencuri perhatian pengguna instagram.
  2. Traffic untuk mendatakan pengujung sebanyak-banyaknya pada landing page (wajib), jika belum punya bisa order di Gamma Advertisa (Recomended).
  3. Conversion, untuk mengkonversi hasil dari kedua objective diatas.

Tips untuk campaign berikan nama atau judul pada objek campaign yang Anda buat supaya mempermudah dalam mengelola dan track campaign nantinya.

Jangan lupa untuk menambahkan range dan tanggal campaign juga.

#4 Perhatikan Target Audiens

Target market dibuat ketika pertama kali Anda menentukan produk apa yang akan diiklankan.

Target audiens selain penting untuk brand juga penting untuk menentukan berapa besarnya biaya iklan yang harus dikeluarkan.

Ingat, Jangkauan iklan yang luas membutuhkan biaya yang lebih besar.

Baca juga tips cara menambah followers instagram

#5 Penempatan iklan

Facebook business maneger membagi tempat iklan dalam berbagai golongan sesuai dengan tujuannya.

Untuk Anda yang ingin beriklan di Instagram pada menu setting ads pilih Instagram sebagai tempat untuk beriklan. Penempatan iklan ini berkaitan dengan objek campaign.

Facebook business manager membagi penempatan iklan untuk facebook dan instagram berdasarkan tujuannya. Di instragam iklan Anda akan efektif untuk brand awareness, engagement, video view, traffic, product sales dan conversions.

#6 Pengaturan budget beriklan

Beriklan di Instragram perlu memperhitungkan berapa budget yang akan Anda alokasikan setiap bulannya untuk mencapai target audiens.

Anda bisa mengatur budget iklan pada kolom yang disediakan saat pengaturan iklan.

Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal Anda bisa menggunakan automatic bids untuk menghitung berapa budget yang harus dikeluarkan sesuai dengan jangkauan iklan yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

Jika budget iklan Anda kurang dari perkiraan automatic bids maka jangkauan Anda akan dikurangi.

3 Hal yang mesti di perhatikan dalam pengaturan budget

  • iklan pertama ada bidding ads
  • kedua ada relevance score
  • Perkiraan besar kecilnya orang akan melakukan action

Jika bidding ads jangkauannya luas, iklan yang akan ditampilkan relevan dengan akun Anda dan rates orang melakukan tindakan setelah melihat iklan Anda besar maka biaya iklan juga akan lebih mahal.

Beriklan di facebook dan Instagram ads itu bukan soal iklan mahal atau murah, tapi berapa konversinya yang di hasilkan, balance?

Irfan Juniyanto

Sistem instragam ads layaknya sebuah lelang. Jika Anda berani membayar mahal maka Facebook dalam hal ini platform Instagram akan semakin optimal dalam menayangkan iklan Anda. Istilah umumnya ada harga ada kualitas. 

Pahami Dulu Format Instagram Ads

Instagram ads menggunakan konten foto atau video untuk menarik hati audiens. Jika Anda hanya menggunakan tulisan sebaiknya Anda harus membenahi konten terlebih dahulu.

Ada berbagai format untuk instagram ads yang akan kita bahas satu per satu.

  • Pertama, ada singel image ads. Dari namanya kita bisa tahu dan familiar dengan format ini. Anda hanya butuh satu foto, caption yang menarik dan sebuah  tombol call to action atau disingkat CTA.
  • Kedua, selain foto Instagram juga dikenal dengan platform membagikan video pendek. Ads format video berdurasi pendek (model Square).
  • Ketiga, Carousel ads. Format beriklan yang memungkinkan Anda membagikan foto atau vidso sampai 10 gambar dengan satu caption menarik dan satu tombol CTA.
  • Keempat, slideshow ads atau iklan yang dibuat dengan menggabungkan sampai 10 gambar yang kemudian ditambahkan lagu atau musik sehingga menghasilkan looping video.
  • Kelima, Instagram lead ads. Ini merupakan sebuah cara iklan di Instagram untuk mengumpulkan data dari audiens. Biasanya adalah alamat email dan nomor whatsapp.
  • Keenam, stories instagram. Anda pasti sering melihat stories orang lalu saat di geser muncul stories ads. Yang seperti itu dinamakan stories instagram ads.
  • Ketujuh, video stories instagram jika image tidak cukup menarik hati audies Anda bisa membuat video stories yang berdurasi kurang dari 15 detik untuk menampilkan penawaran terbaik Anda.

Layanan Tools dalam Cara Iklan di Instagram

Bagi Anda yang cukup familiar dengan sales funnel Instagram ads juga bisa dipakai untuk membantu leads untuk memindahkan ke pembelian pada ikon yang ada di bawahnya.

Tools atau alat bantu iklan yang ada di Instragam seperti haadline, teks dan tomb seperti CTA.

Tombol CTA akan mengarahkan audiens untuk melakukan sesuatu bisa langsung menghubungi Anda melalui nomor telefon yang sudah ditautkan ke akun instagram untuk melakukan pemesanan.

Beralih ke halaman lain untuk mendapatkan data pengunjung dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakan add preview tools untuk melihat tampilan tools sebelum diluncurkan.

Setelah dirasa iklan yang akan dibuat sesuai keinginan saatnya untuk place order, menekan ikon yang ada lalu Anda akan dibawa pada proses pembayaran.

Iklan yang Anda ajukan akan di review untuk ditayangkan oleh Instagram.

Konten Is King

Konten is king kata para pakar internet marketing dunia.

Konten adalah raja dari iklan yang ditawarkan. Orang akan melihat postingan yang Anda iklankan.

Ketika Anda ingin membangun bisnis di Instragam yang wajib dilakukan dalam hal promosi adalah membuat konten promosi yang menarik dan memungkinkan orang untuk bisa berinteraksi.

Konten pada Instragam adalah foto atau video yang Anda posting dengan tambahan caption. Orang akan melihat foto atau video lalu melihat isi caption yang Anda tuliskan. Caption harus jelas. Memberikan informasi kepada audiens.

Jika anda bingung mencari konten, anda bisa menggunkan tools riset konten instagram.

Soft Selling

Jika Anda berjualan produk atau jasa isi caption harus mengandung soft selling supaya orang mau membeli produk yang Anda tawarkan.

Tulis caption yang tidak terlalu panjang karena caption yang panjang cenderung membosankan sehingga orang jadi malas baca.

Caption juga tidak boleh terlalu pendek karena tidak jelas informasi apa yang akan disampaikan.

Tips: isi posting yang baik terdiri dari foto yang bagus, caption yang jelas dan tambahkan hastag yang sesuai dengan isi posting untuk mempermudah orang mencari postingan Anda.

Kesimpulan Yang Perlu Di Perhatikan Dari Cari Beriklan Di Instagram

Hal Perlu di perhatikan dalam cara iklan di Instagram yaitu akun Instagram Anda harus di konversi ke akun Instagram business.

Anda harus memiliki akun Facebook dan menjadi admin dari fanpages yang ditautkan pada Instragam Anda. Yang terpenting Anda harus mengikuti kebijakan iklan dari Facebook.

Selain tombol CTA ada juga opsi visiter your website. Kunjungi website ini bisa Anda pakai untuk mengajak audiens ke landing page yang Anda persiapkan, landing page juga mesti high conversion. Coba beli di Gamma Advertisa.

Banyak orang yang sudah memanfaatkan cara iklan di instagram dan fitur yang ada di dalamnya untuk menaikan omset jualan.

Anda juga tidak boleh ketinggalan, segera kelola instagram ads dan rasakan bisnis Anda bisa dikenal banyak orang yang menjaga banyak calon customer.

 Advertisement

Irfan Juniyanto saleh

Seorang yang tertarik dengan Digital Marketing & Bisnis Online, berbagi pengalaman menjadi passion saya, karena hidup musti bermanfaat.

Tinggalkan komentar