Cara Dropship dari Tokopedia ke Shopee (100% Work)

 Advertisement

Kini, dropshipper menjadi solusi memulai sebuah bisnis dapat berjualan tanpa perlu modal, misalnya dengan tau cara dropship dari tokopedia ke shopee.

Tokopedia turut membuka peluang ini untuk mengakomodir penggunanya yang ingin mulai belajar usaha.

Sistem kerjanya bahkan bisa menjembatani transaksi antar-marketplace, dengan Shopee misalnya. Sebelum memulai, Anda patut mempelajari cara dropship dari Tokopedia ke Shopee seperti diuraikan berikut ini.

Bagaimana Cara Kerja Dropshipper di Tokopedia?

ilustrasi sistem dropship
Sumber : www.graphie.co.id
 Advertisement

Jika dilihat pengertian secara teknis, dropshipping dapat diartikan sebagai sebuah proses pengiriman produk atau barang ke customer menggunakan jasa vendor/ supplier.

Dalam prinsip kerjanya, dropshipper dan reseller memiliki kesamaan. Keduanya tak langsung menyediakan dan menjual barang ke pelanggan, tetapi hanya meneruskan pesanan pembeli pada pihak penyedia jasa.

Cara Kerja Dropshipper di Tokopedia

Sebagai penggiat bisnis tanpa modal yang cukup menjanjikan, Anda harus tanggap dan bisa menjual barang.

 Advertisement

Seorang dropshipper tak hanya berhubungan dengan customer saja, tetapi juga dengan supplier dimana Anda memesankan barang. Secara sederhana, alurnya dapat diilustrasikan sebagai berikut.

  1. Dropshipper memilih supplier
  2. Supplier akan mengirimkan konten berisi barang dan daftar harga
  3. Dropshipper mengupload konten ke Tokopedia
  4. Customer membeli barang dan membayarkan tagihan
  5. Dropshipper memesankan barang ke supplier dengan mencantumkan alamat customer sebagai penerima dan mencentang opsi Kirim sebagai Dropshipper
  6. Barang akan dikirim langsung dari supplier ke customer dengan menggunakan nama toko si dropshipper

Ketentuan  Dropshipper di Tokopedia

Terkait aturan dropship, Tokopedia memiliki ketetapan yang tak bisa diganggu gugat.

#1. Dilarangnya Internal Dropshipper

Tertanggal 5 November 2018, Tokopedia mematok peraturan tegas terhadap syarat dan ketentuan dalam pengiriman sistem dropship.

Sejak tanggal tersebut, ditetapkan kebijakan terkait cara dropship Tokopedia terbaru berisi perubahan yang melarang adanya internal dropshipper.

Meski begitu, Tokopedia masih membolehkan terjadinya external dropshipper

Artinya, Tokopedia dengan tegas melarang transaksi dari seorang penjual yang membeli barang dari sesama penjual Tokopedia, untuk kemudian dijual lagi pada pembeli di marketplace yang sama. Sebaliknya, dropshipper bebas mengadakan transaksi dengan pihak di luar Tokopedia, ke Bukalapak, misalnya, atau Lazada, Shopee, dan marketplace lainnya.

#2. Resi Hanya Bisa Di Input Sekali

Dengan berlakunya kebijakan tersebut, tiap nomor resi diperbolehkan diinput 1 kali saja oleh penjual di Tokopedia.

Jika didapati penjual lain menginput resi yang sama, akan keluar pemberitahuan tentang pelarangan dropshipper.

Apalagi diketahui ada indikasi dropship dalam sebuah transaksi, dana akan sepenuhnya dikembalikan ke pembeli dan kerugian ditanggu pihak dropshipper.

Jadi Anda harus patuh 100% pada aturan ini ya, jangan percaya lagi bahwa ada orang yang bisa membantu Anda untuk melakukan tindakan curang dan sebagainya.

Darimana Keuntungan Dropship Didapatkan?

Keuntungan dalam bisnis dropship terletak pada selisih harga yang Anda tetapkan pada barang yang dijual.

Semisal, Anda menjadi dropshipper barang dari Tokopedia yang hendak dijual ke Lazada.

Harga asli barang di Tokopedia senilai 60.000, lalu Anda menjualnya dengan harga 75,000 di Lazada. Terdapat selisih 15 ribu yang menjadi hak Anda dan terhitung sebagai keuntungan.

Meski terlihat kecil, namun akan banyak keuntungan diraup jika penjualannya banyak.

Padahal fungsi Anda hanyalah sebagai fasilitator, segala pekerjaan berat telah dilakukan oleh supplier.

Anda tinggal mengupload, mengamati, dan menjelaskan pada pembeli lewat hp saja. Tak perlu menyetok barang, rutin mengecek perawatan, ataupun membungkusnya ke penerima.

Poin disini Anda wajib bermain kuantitas, karena semakin banyak transaksi maka semakin besar pula profitnya, meskipun setiap produk marginya kecil.

Cara Dropship Tokopedia ke Shopee

Tokopedia dan Shoope merupakan 2 marketplace terbesar yang memiliki ribuan pengguna aktif yang terus bertransaksi di dalamnya.

Anda bisa menjual barang di Shopee dengan mengambilnya dari seller Tokopedia. Langkah yang dilakukan untuk transaksi ini tak berbeda jauh dengan tata cara menjadi dropshipper ke Shopee 2019, yakni:

1. Buat toko

Karena Shopee yang dijadikan tempat untuk berjualan, maka toko harus dibuat di platform tersebut.

Toko ini sebenarnya sebatas formalitas saja, karena seluruh persiapan hingga pengemasan barang akan dilakukan oleh pihak supplier dari Tokopedia.

Saya sudah membuat langkah membuat toko di shopee pada postingan sebelumnya, silahkan jika mau detail langsung kunjungi postingan ini.

  • Buka akun Shopee Anda dengan memanfaatkan akses menggunakan nomor telepon ataupun email.
  • Di bagian akun, bukalah Seller Center yang ada di menu, lalu lengkapi Profil Toko dengan mengunggah tema yang akan menjad latar tampilan akun. Pilih nama toko sesuai keinginan, usahakan yang akrab di telinga agar mudah diingat.
  • Tambahkan alamat toko secara lengkap guna memudahkan kurir dalam melakukan pengantaran dan penjemputan barang. Jika belum memiliki toko offline secara official, Anda bisa menggunakan alamat pribadi saja. Ini berlaku jika alamat Anda berdekatan dengan supplier.

Jika tidak, siasati dengan mencantumkan alamat fiktif di sekitar supplier. Mengingat nantinya nominal biaya pengiriman haruslah sama dengan nominal pengiriman dari supplier ke penerima, bukan dari alamat Anda.

  • Selanjutnya, tambahkan produk yang ingin dijual. Sebisa mungkin usahakan menggunakan gambar yang jelas dan tajam, karena tampilan visual cukup berdampak besar pada customer. Lengkapi deskripsi dan keterangan produk secara lengkap.

Sertakan pula opsi jasa kirim yang bisa dipilih oleh pembeli. Akan lebih afdol jika jasa kurir yang dicantumkan sama dengan yang ada di Tokopedia. Entah dengan memanfaatkan JNE, J&T, Wahana, Pos, SiCepat, atau via gojek untuk fitur same day.

2. Mencari supplier berkualitas

Cara dropship Tokopedia untuk pemula adalah dengan mencari supplier berkualitas. Cobalah untuk mengaplikasikan cara berikut ini.

  • Tentukan fokus penjualan yang akan ditekuni. Misalnya hendak berjualan hjab, maka carilah beberapa referensi toko yang menjual hijab berkualitas dengan harga miring.
  • Perhatikan kualitas toko, pertimbangkan rating yang dimilikinya serta komentar yang ada di dalamnya. Jika memungkinkan hubungi seller secara langsung untuk meminta sampel produk.
  • Perhitungkan dari sisi kuantitas, pastikan kuantitas produk yang dimiliki supplier aman dan terus diupdate agar tak menimbulkan gesrekan di kemudian hari.
  • Perhatikan track record supplier, serta cari berbagai referensi dari berbagai sumber. Mulai dari ulasan orang-orang, blog, komunitas, ataupun forum jual beli.
  • Dapatkan harga yang sesuai, bernegosiasilah secara langsung untuk mendapat kesepakatan dan harga terbaik.
  • Pertimbangkan kontinuitas, konsistensi, dan kebijakan pengembalian produk. Kombinasi 3 aspek pamungkas ini akan membuat Anda lebih jeli dalam memilih merchant.

3. Lakukan dropship ke Shopee 2020

Kini, Anda bisa memulai menjadi dropshipper dengan rajin mengunggah gambar seperti yang dimiliki supplier.

Anda harus mengunggahnya di akun Shopee dengan cara klik tab Seller Shopee, lalu ketuk pada Tambah Produk.jika sudah selesai, beri keterangan lengkap seputar produk dengan copas dari deskripsi di akun merchant supplier.

Selain  itu, lakukan beberapa langkah strategis untuk membuat bisnis dropshipping makin berkembang. Caranya;

  1. Pelajari semua informasi terkait kompetitor yang memiliki jualan sejenis. Lakukan review secara berkala untuk menganalisis produk mereka dan cari inovasi untuk memberikan promo baru yang lebih menarik.
  2. Lakukan riset secara mendalam mengenai informasi produk yang hendak dijual. Jangan hanya mengandalkan informasi yang diberikan supplier saja
  3. Sesekali berikan promo menarik yang worth it untuk konsumen. Misal kupon diskon untuk pembelian selanjutnya.
  4. Aktiflah di sosial media dengan menggunakan akun khusus toko untuk tetap terhubung dengan pelanggan, agar tercipta engagement yang bagus.

Jika sudah melakukan semua cara dropship dari Tokopedia ke Shopee, berarti sistem Anda termasuk mulai lancar berjalan.

Terus tingkatkan pelayanan dengan rajin mengupdate barang. Pastikan pula untuk aktif dan bisa menjaga komunikasi dengan supplier agar tak miss dan mengecewakan pembeli.

Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6282293857234

Tinggalkan komentar

×

Bonus ini Hanya Berlaku Hari inI 22 Oktober 2020 Sampai Pukul 23.59

Klik Disini