Cara Berjualan di Tokopedia Agar Cepat Laku

 Advertisement

Tokopedia merupakan salah satu platform yang menjanjikan untuk berjualan online. Apalagi, kini kebanyakan masyarakat lebih suka berbelanja secara online lewat hp karena kepraktisannya. Peluang inilah yang tak boleh dilewatkan begitu saja untuk segera memulai bisnis Anda. Perhatikan cara berjualan di Tokopedia ini agar bisa mendapat keuntungan maksimal.

Tips Cara Berjualan di Tokopedia

Membuka toko dan memasang produk jualan di etalase tentu sudah menjadi hal wajib yang dilakukan tiap pedagang. Tapi, mengusahakan barang jualan agar cepat laku merupakan suatu perkara sendiri yang harus segera diatasi.

Usahakan jangan begitu fokus menghabiskan stok barang saja, perhatikan pula bagaimana menjaga grafiknya di zona aman.

Ada banyak strategi yang bisa diusahakan untuk memaksimalkan hal ini. Anda bisa memplajarinya dari pengalaman jualan di Tokopedia dan memetik hikmahnya. Mulai saja dulu dengan langkah kecil ini;

#1. Perhatikan Kualitas sebelum Mengunggah Foto Produk

Memenangkan persaingan dengan seller yang lebih senior bukanlah hal mustahil. Semua memiliki kesempatan yang sama, asal kualitas produk selalu tetap terjaga.

Bahkan bagi pemula sekalipun, Anda bisa melakukan beberapa cara guna memaksimalkan kualitas unggahan. Selain cara upload yang benar, pastikan kualitas foto produk sesuai dengan standar.

  1. Jangan sampai foto terlihat pecah ketika dilakukan zoom.
  2. Usahakan memberikan pencahayaan yang cukup, lebih baik jika diambil di outdoor.
  3. Bila Anda reseller atau dropshipper tanpa stok barang, pastikan mengambil gambar bagus dari produsen/ distributor.
  4. Kalaupun masih terlihat ada cela, gunakan skill editing Anda untuk menyulapnya menjadi produk sempurna.

#2. Sediakan Informasi tentang Produk Selengkap Mungkin

Berikan deskripsi produk yang lengkap sekaligus informatif, termasuk dalam pemberian nama produk.

Membuat produk ditaksir pembeli adalah kunci agar cepat laku. Anda bisa menerapkan tips jitu berikut ini untuk penamaan produk;

  1. Berikan nama sesuai dengan banyaknya kata kunci yang kerap diketikkan calon pembeli
  2. Hindari penggunaan kode-kode khusus yang tak banyak diketahui masyarakat umum
  3. Sematkan sinonim di nama produk untuk meningkatkan peluang kemunculannya
  4. Maksimalkan total 70 karakter yang disediakan Tokopedia dengan kata-kata yang informatif dan padat
  5. Terapkan penggunaan rumus dasar yang selalu sukses dalam trik penjualan:

Jenis barang + Merknya + Keterangan + Kata-kata bernada promosi

#3. Lakukan Riset, Beri Harga Kompetitif

Banyaknya seller di Tokopedia membuat Anda mempertimbangkan strategi dalam penetapan harga.

Tak cukup dengan boosting di sisi marketing saja, peranan harga yang bersaing sangatlah berpengaruh pada toko Anda. Lakukan riset secara mendalam sebelum menentukannya.

  1. Tetapkan harga yang lebih rendah dari pesaing
  2. Berikan promo khusus (seperti bundle pricing)
  3. Lakukan psychological pricing, yakni memasang harga produk di bawah nominal bulat, misalnya 9.999 untuk produk yang harusnya berharga 10.000. Ini adalah trik jualan yang jitu guna mengelabuhi pelanggan seolah-olah harga lebih murah.

#4. Pilih Strategi Marketing Storytelling

Salah satu strategi jualan yang dianggap efektif adalah storytelling. Nyatanya, cerita telah memiliki efek menstimulasi otak agar tertarik pada produk.

Tak sekedar bercerita tentang bagaimana memulai cara berjualan di Tokopedia tanpa modal hingga bisa berkembang di tengah gempuran, teknik ini lebih menekankan pada value produk Anda. Simak rahasianya;

  1. Ceritakan produk dengan sederhana karena akan lebih realistis dan mudah dipercaya. Yang penting bisa merangkum masalah, solusi, dan kesuksesan setelah pemakaian produk.
  2. Usahakan selalu terhubung dengan konsumen untuk menciptakan trust dan loyalitas. Dengan tetap terhubung, brand value lebih dipahami konsumen Anda, sehingga menciptakan customer loyalty.
  3. Gunakan kisah yang menyentuh. Tak hanya sekedar asal viral saja, ikuti teknik brand storytelling ini karena akan mengundang empati tersendiri.
  4. Buat narasi yang unik dan menarik. Tak hanya menyentil sisi emosional, perkuat citra brand dengan narasi yang berbeda sekaligus menarik.
  5. Jadilah seorang individu dengan cerita autentik dan konsisten. Bisa dengan mengisahkan titik awal saat belajar cara membuat akun jualan sampai membuat produk seperti sekarang.

#5. Memaksimalkan media sosial

Menghadirkan sentuhan media sosial merupakan cara sukses untuk membangun interaksi dengan calon pelanggan.

Salah satu caranya dengan menggelar berbagai ajang di media sosial bisa dengan mengadakan quiz ataupun undian untuk mendapat impresi tinggi.

Jika belum memiliki biaya untuk membuat undian dan segala hal yang membuat modal terkuras, Anda cukup dengan membuat postingan-postingan di sosial media dengan design profesional.

Tidak perlu pikir berapa duit yang harus di keluarkan, Rahasianya yaitu menggunakan template design social media. Saat ini sudah banyak kok, Anda bisa mencoba The Feed jika bermain FB dan IG, atau jika menggunakan Youtube, bisa pakai YoutuberID.

Anda juga bisa membangun image dengan melibatkan 2 cara lain;

  1. Influencer marketing; strategi satu ini kian menjamur belakangan ini. Caranya adalah dengan menggaet influencer guna membantu memasarkan produk. Tapi, beberapa influencer sengaja menerapkan aturan daftar jualan apa saja yang mau dan tak mau diambilnya.
  2. Share di media sosial; tips berjualan di Tokopedia dengan penyebaran promosi melalui medsos memiliki dampak cukup signifikan dalam branding suatu produk. Dengan makin terkenalnya produk, kemungkinan orang untuk mencari dan  membelinya akan makin besar.

#6. Memaksimalkan Rating Review

Nielsen menyebut 92% masyarakat lebih percaya pada cerita yang disampaikan orang lain. Inilah mengapa penting menjaga produk dan layanan Anda agar tetap mendapat review positif.

Untuk mendapat review 5 bintang, ada tips jualan cerdas yang wajib diterapkan;

  1. Memberikan deskripsi dan foto produk yang jelas
  2. Merespon cepat terkait pertanyaan, pemesanan, hingga keluhan pelanggan
  3. Memberikan informasi ketika barang telah sampai
  4. Selalu tepat waktu sesuai dengan estimasi yang diperkirakan
  5. Mengemas dengan baik dan aman, sehingga barang tak rusak ketika sampai di pelanggan
  6. Memberi ucapan terimakasih guna menguatkan branding yang friendly dan dekat dengan pelanggan

#7. Ikuti Flash Sale

Di marketplace manapun, flash sale adalah momen yang paling ditunggu-tunggu customer. Tokopedia menyelenggarakan flash sale tiap hari 3 kali yakni pada pukul 08.00, 12.00, serta 17.00.

Untuk pemula langkah ini cukup efektif dalam memperkenalkan eksistensi toko ke pelanggan karena produk muncul di laman utama Tokopedia. Untuk mengikuti flash sale, Anda bisa melakukan hal ini;

  1. Siapkan produk yang memenuhi syarat;
  2. Harga akhir haruslah lebih rendah ketimbang harga terendah dalam produk sejenis
  3. Tak boleh menaikkan harga sebelum sale
  4. Range harga berkisar dari 100 sampai 50.000.000
  5. Tidak ada watermark maupun tulisan yang menutup foto
  6. Nama produk harus sama dengan foto
  7. Produk yang disertakan dalam flash sale minimal berjumlah 5
  8. Produk baru diluncurkan, banyak dicari, ataupun produk musiman agar laris dan cepat habis
  9. Toko dan SKU yang didaftarkan harus aktif serta tidak mendaftarkan produk sama selama 7 hari berurutan (1 periode)

#8. Mengelola jadwal toko

Jangan lupa untuk memaksimalkan fitur terbaru Tokopedia, yakni jadwal toko. Dengan fitur ini, seller bisa mengatur pengoperasian toko dengan lebih mudah.

Terlebih, fitur ini juga menyajikan jam operasional toko agar pembeli bisa memahami kapan harusnya menghubungi. Anda bisa pula mengaktifkan fitur balasan otomatis jika ada pesan di luar jam operasional. Caranya;

  1. Bukalah kolom chat lalu klik tombol Pengaturan
  2. Tunggu pop up muncul dan klik kanan pada opsi Balasan Otomatis
  3. Tuliskan pesan yang ingin dijadikan template, lalu pilih Simpan

>> Baca Juga Cara Jualan Di Shopee

Ada banyak cara berjualan di Tokopedia untuk mendulang kesuksesan. Tak perlu berkecil hati sekalipun baru memulai. Toh, setiap orang memiliki jatah rejekinya masing-masing. Teruslah berusaha untuk konsisten melakukan pemasaran dan lakukan evaluasi sesering mungkin. Dengan begitu, toko akan lebih cepat berkembang.

Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6282293857234

Tinggalkan komentar

×

Bonus ini Hanya Berlaku Hari inI 22 Oktober 2020 Sampai Pukul 23.59

Klik Disini