Selasa, November 19, 2019

Rahasia Cara Berjualan Di Facebook Organik Menghasilkan Jutaan Rupiah

- Advertisement - Advertisement

Pembaca setia sosial share kesempatan ini saya akan membagikan bagaimana cara berjualan di facebook organik yang terbukti dapat menghasilkan jutaan rupiah.

Ini merupakan cerita pengalaman saya dalam membangun bisnis online milik istri pertama saya. dikarenakan saya belum punya istri kedua. heheheh

Singkat cerita setelah memutuskan resign mengundurkan diri dari rumah sakit sebagai bidan kontrak, istri saya kemudian ingin lebih fokus untuk anak saya yang masih bayi.

Agar tidak jenuh kemudian istri saya meminta untuk dibuatkan bisnis yang mana bisa dikerjakan dari rumah tanpa menggangu aktivitas utamanya.

Akhirnya yang terbesit adalah bisnis online, anda bisa baca halaman about untuk tahu bisnis online apa yang sedang istri saya jalankan.

Bisnis tersebut awalnya dari satu etalase dan alhamdulillah saat ini sudah memiliki butik permanen. lebih tepatnya garasi mobil rumah di alih fungsikan sebagai butik.

Dalam sebulan bisnis ini beromset 13jt – 15 juta perbulan, bahkan di bulan-bulan tertentu seperti puasa bisa mencapai 60 juta rupiah.

Lalu apa yang saya lakukan?

Ini dia Cara Berjualan di Facebook Organik

Jadi sebagai pengusaha pemula di bisnis online saya memaksimalkan kanal facebook gratisan untuk menjangkau customer yang berada di daerah saya.

Tips ini benar-benar hanya untuk pemula, jika kebetulan kamu yang membaca sudah lebih jago harap di berikan masukan untuk kesempurnaan artikel ini.

Langsung saja ke cara berjualan di facebook organik.

Buat Akun Khusus Untuk Jualan

Saya pribadi membuat akun baru untuk berjualan produk tersebut, akun tersebut langsung menggunakan nama brand bisnis yang saya bangun.

Saat itu facebook belum terlalu ketat dalam menyeleksi akun yang bernama unik, bukan nama orang.

Cara membuat bisnis dengan nama unik coba daftarkan dengan email baru atau nomor telepon baru yang belum pernah di submit di facebook.

Silahkan di coba sampai berhasil menggunakan nama brand di kanal facebook profil / personal.

Setelah itu lengkapi informasi facebook dengan data sebenarnya, gunakan logo pada foto profil dan buat cover dengan design profesional agar terlihat elegan.

Oh iya tips tambahan dari saya sebenarnya penting juga, yaitu jangan menggunkan nama bisnis dengan nama anak, cobalah buatlah bisnis dengan nama agak kebarat-baratan agar terlihat profesional.

Usahakan nama brand tersebut merupakan kombinasi antara nama dan bisnis itu sendiri.

Cari Facebook 5 Kompetitor Utama

Setelah akun facebook personal anda sudah siap, saatnya mencari siapa kompetitor anda. tapi sesuaikan. misalkan target anda hanya daerah anda maka cari 5 akun facebook kompetitor di kota anda.

Jika skalanya nasional maka lebih broad lagi, tapi saran saya jika pemula gunakan target market lokal saja.

Fungsi dari mencari 5 facebook kompetitor tujaanya untuk mempelajari tehnik mereka berjualan, bagaimana cara mereka berinteraksi dengan pelanggan dan seperti apa postingan jualan mereka.

Selain itu tujuan utamanya adalah menambah pertemanan yang tertarget dari akun-akun mereka. istilah kasarnya adalah curi pertemanan dari mereka.

Tapi add pertemanan harus benar-benar selektif. misalkan klo kamu menjual kosmetik silahkan add saja hanya wanita muda yang foto profilnya kelihatan indah meskipun orangnya tidak cantik.

Jelas, karena orang yang suka berdandan pasti akan memansang foto terbaik dari hasil makeupnya dan menjadikan foto profil. untuk selain itu abaikan.

Bangun Engagement dan Tingkatkan Edgerank Facebook

Setelah undangan pertemanan anda sudah mulai di konfrim oleh target kamu, maka hal yang selanjutnya adalah membangun engagement dengan mereka.

Engagement itu adalah interaksi kamu dengan teman yang barusan di add. Interaksi di facebook itu ada tiga. like, komen and share.

Untuk tahap awal jangan kegenitan, nanti di cap gak sopan, lakukanlah hanya like dulu, setiap mereka update status maka ketika muncul di newsfeed, kamu harus like dulu sampai dia sadar kamu benar-benar ada.

Fungsi engagement ini bertujuan untuk membangun presense brand kamu kepada target market. dan yang paling penting adalah meningkatkan edgerank facebook kamu.

Lalu apa itu edgerank? edgerenk itu sejenis algoritma facebook dimana facebook dapat membagi apakah postingan seseorang layak ditampilkan di newsfeed orang lain. sederhananya seperti itu.

Jika edgerank kita tinggi maka kemungkinan status facebook tentang jualan akan banyak banyak dilihat oleh list pertemanan kamu di facebook.

Semakin banyak yang melihat maka semakin besar kemungkinan produk kamu di beli.

Untuk lebih jelasnya silahkan pelajari dulu cara edgerank bekerja.

Buatlah Konten Yang Menimbulkan Interaksi

Banyak para ahli facebook marketing mengatakan bahwa untuk berjualan di facebook harus membuat konten yang menarik, bermanfaat dan berpotensi viral.

Belum lagi kamu harus di paksa untuk belajar ilmu copywriting dan covert selling.

Nyatanya hal tersebut belum perlu untuk kamu pelajari di tahap awal, bukan saya katakan copywriting dan covert selling itu tidak penting. suatu saat kamu juga pasti tau dan akan kesana.

Ingat seorang pemula akan keblinger jika harus menelan materi tentang copywriting, personal branding dan covert selling di awal-awal bisnis.

Point penting yang kamu harus lakukan buatlah status facebook yang dapat menghasilkan interaksi.

Misalkan, buat statu “barang ini ready ya di lapak” plus taruh foto produk yang bagus dilihat.

Postingan sederhana seperti itu justru akan menghadirkan interaksi, minimal mereka yang tertarik akan bertanya seperti ini. “alamat lapaknya dimana sist?”. “bisa deliv gak”. ongkir ke daerah ini berapa?.

Jadi bukan status yang panjang yang bikin orang malas baca, ingat orang yang barusan kamu add tadi belum terlalu kenal siapa kamu. Jangan buat mereka terganggu dengan postingan panjang.

Silahkan coba dipraktekan beberapa poin di atas setiap hari setiap saat dan terus berulang. bisnis kamu akan tumbuh dan berkembang lebih pesat dengan cara berjualan di facebook organik

Gratis Panduan Facebook Ads, Google Ads, Youtube Ads

Silahkan Anda Jual Kembali dengan harga wajar

Tips Terbaru

Hal-Hal Seputar Pemasaran Digital yang Penting Kamu Ketahui

Pemasaran digital atau digital marketing mungkin sudah bukan istilah baru lagi dalam dunia bisnis mutakhir. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh kemajuan...

Cara Membuat Iklan yang Menarik Agar Jualan Anda Laris Manis

Cara membuat iklan yang menarik, mungkin inilah yang dicari para pelaku bisnis untuk meningkatkan profitnya. Beriklan memang cara yang sering digunakan para...

Cara Memulai Bisnis Coffee Shop Agar Cepat Sukses

Bisnis Coffee Shop Indonesia merupakan salah satu pengekspor kopi terbesar di dunia saat ini, urutan ke 4 dunia setelah brazil, vietnam dan...

3 Langkah Mudah Mengembangkan Bisnis

Setiap orang yang memiliki bisnis pasti menginginkan bisnisnya dapat berkembang. permasalahannya mengembangkan bisnis itu bukanlah perkara mudah, oleh sebab itu 3 langkah...

Cara Membangun Tim Admin Untuk Bisnis Online

Bisnis Online tidak pernah terlepas dengan yang namanya bagian admin atau tim admin. Oleh sebab itu artikel cara membangun tim admin untuk...
96FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
Hosting Unlimited Indonesia

Postingan Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Whatsapp Aja Bro...