Aplikasi Broadcast Whatsapp Yang Salah Kaprah

Setiap hari banyak Whatsapp yang masuk ke saya yang bertanya tentang aplikasi broadcast Whatsapp, sebagian kecil saja yang paham. Dan sebagian besar keliru besar.

 Advertisement

Kurang lebih bunyinya seperti ini…

“Mas, apakah aplikasi whatsapp broadcast ini anti banned???”
“Mas, maksimal bisa kirim berapa pesan dalam sekali kirim???”

Tools Broadcast WA

Mungkin jika anda sudah sangat familiar dengan aplikasi ini, akan menebak-nebak.

Pertama, bahwa orang tersebut baru pertama kali menggunakan aplikasi blast. Kemungkinan kedua merupakan spammer yang sibuk mencari cara kirim pesan yang aman.

Oleh sebab itu penting bagi saya untuk meluruskan pemahaman ini agar tidak sampai salah kaprah.

 Advertisement

NOTE : Salah kaprah tentang aplikasi Whatsapp Blast ini hanya akan membuat anda tidak bisa mendapatkan manfaat dari aplikasi tersebut. Trust Me

Kesalahan Pengguna Aplikasi Broadcast Whatsapp

Saya akan mengurai salah kaprah tersebut satu persatu…Agar kedepan tidak ada lagi kesalahan dan kekecewaan pengguna tools broadcast whatsapp serta menganggap tools ini diluar ekspektasi.

#1. Whatsapp Blast Anti Blokir

Aplikasi broadcast Whatsapp merupakan aplikasi pihak ketiga, bukan aplikasi resmi dari Whatsapp. Selain itu pihak Whatsapp dalam rolenya, bisa baca informasi dari pihak whatsapp disini.

Jadi tidak ada aplikasi blast yang aman 100% dari blokir pihak Whatsapp, tapi tools tersebut bisa melakukan minimalisir banned. Sehingga anda tidak keseringan di blokir.

Misalnya, dengan melakukan delay setiap pengiriman pesan agar tidak terbaca sebagai robot, atau melakukan random nomor dan detik pengiriman perpesan.

Masih banyak lagi fitur yang disediakan oleh para developer tool pihak ketiga untuk meminimalisir banned.

Note : Jadi kuncinya adalah aplikasi itu sendiri, sebelum membeli di perhatikan dulu siapa developernya, Lihat fiturnya, cek siapa saja yang sudah menggunakannya dan bagaimana testimoni dari mereka.

#2. Sekali Klik Langsung Terkirim Ke Ribuan Nomor

Kebanyakan orang keliru disini, mereka pikir bahwa setelah menggunakan aplikasi pihak ketiga, mereka tinggal upload ribuan nomor dan langsung mengirimkannya.

Sekilas tidak ada yang salah, karena aplikasi ini memang dibuat untuk mengirim pesan whatsapp secara massal.

Tapi, saya perlu ingatkan bahwa, cara main blast di Whatsapp berbeda dengan cara bermain blast menggunakan SMS. Whatsapp lebih ketat.

Whatsapp bisa memblokir akun anda jika ada 10 orang yang melaporkan pesan anda sebagai spam (blokir) di waktu yang hapir bersamaan, maka akun anda akan di blokir. Juga aktifitas tidak normal yang di temukan Whatsapp dari akun anda.

Kecuali memang anda sudah menjamin bahwa ribuan nomor tersebut tidak ada yang memblokir nomor anda. Juga anda sudah bisa pastikan bahwa tools broadcast WA yang anda gunakan adalah yang terbaik.

Tapi belum cukup sampai disini, masih ada hal lain yang membuat anda berpikir kembali untuk melakuan broadcast ke ribuan nomor sekaligus. Yaitu lama pengiriman.

Seperti anda tau bahwa tools Whatsapp tersebut melakukan optimasi sender pengiriman dengan melakukan delay dan random pengiriman, setiap pesan di kirim dalam rentang waktu tertentu dan di sleep pada detik tertentu.

Oke, ini dia simulasi waktu yang saya butuhkan untuk mengirim pesan ke 1.000 nomor pelanggan, dengan settingan aplikasi yang menurut saya save banget untuk menghindari blokir.

Time Out Global = 3 detik
Delay rentang = 5-7 detik
Sleep = setiap 10 pesan sleep 20 detik.

Wal hasil saya butuh waktu 4 jam untuk mengirim pesan ke 1.000 nomor sekaligus, dengan harap cemas mudah-mudahan gak di banned di tengan jalan.

#3. Asal Sudah Beli Aplikasi Langsung Bisa Blast Seenaknya

Di group diskusi member area WBSPro, ada 1.300an member aktif yang sering berdiskusi tentang bagaimana formula khusus agar bisa memaksimalkan tools tersebut.

Artinya, setelah anda berhasil membeli aplikasi, maka tahap selanjutnya adalah anda harus banyak melakukan try and error untuk bisa menemukan pola yang save menurut anda.

Paling tidak anda harus melakukan split test untuk menemukan formula. Setidaknya mencakup 4 hal dibawah ini.

  • Settingan tools (Delay, Sleep, Timeout global dll)
  • Copywriting (Isi pesan teks yang dikirim)
  • Waktu yang tepat untuk pengiriman (Biasanya ada jam-jam tertentu)
  • Jumlah database yang akan di blast untuk sekali kirim.

Semuanya harus anda coba kombinasikan, karena bisa jadi settingan tools sudah benar tapi copywriting salah, maka orang malah akan memblokir dan mereport pesan anda sebagai spam.

Note : Whatsapp Blast itu memiliki ilmunya sendiri, anda harus mempelajarinya sama halnya dengan anda belajar ilmu digital marekting lain misalnya FB Ads.

Jadi, jangan mentang-mentang anda punya duit, bisa beli aplikasi broadcast Whatsapp terbaik maka anda sudah bisa blast seenaknya…Nehiii.

Pastikan anda punya waktu untuk diskusi, praktik dan terus belajar, sampai benar-benar aplikasi tersebut anda rasa bermanfaat.

#4. Aplikasi Broadcast Whatsapp Sama dengan Aplikasi SMS Blast

Asli,,, Anggapan ini sangat keliru sekali….

Lain lubuk lain ikannya, Aplikasi Blast Whatsapp beda banget cara mainnya, anda harus kucing-kucingan dengan pihak offical Whatsapp yang memiliki Artifical Inteleggent dan sistem keamanan yang sangat kuat.

Hampir 80% orang yang hubungi saya mengira kedua hal di atas sama, tinggal click and pray. Menunggu balasan dari aktifitas yang sengaja di hitung prorata.

Saya perhatikan bahwa ada banyak hal yang membuat aplikasi broadcast whatsapp ini berbeda jauh, bak terpisahkan jurang.

Ada role Whatsapp, ada algoritma whatsapp yang hampir setiap saat di update sehingga aplikasi pihak ketiga harus segera melakukan update agar tools bisa di pakai. Dan masih banyak hal lainnya.

Intinya saya cuman mau bilang bahwa tools ini berbeda jauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuh dengan tools SMS blast.

#5. Semua Aplikasi Blast Itu Sama

Kunci sukses dari aktifitas Whatsapp blast terletak pada tools yang digunakan…

Kebanyakan pemula sering beranggapan bahwa semua aplikasi tersebut sama saja, karena di lihat dari tampilan dan juga fitur utama, rata-rata hampir mirip.

Sekedar informasi di Indonesia saat ini sangat banyak vendor yang menawarkan aplikasi broadcast Whatsapp. Harganya mulai dari yang mahal, murah dan bahkan ada yang sengaja di bagikan gratis.

Ada banyak hal yang harus anda perhatikan sebelum membeli aplikasi seperti ini…

3 Hal Penting Sebelum Membeli Aplikasi Broadcast Whatsapp

Identifikasi langsung ketiga hal ini agar anda tidak sampai salah beli aplikasi, salah membeli akan sangat mempengaruhi semangat anda untuk belajar Whatsapp marketing dengan teknik blast.

Satu, Perhatikan Siapa Vendornya

Setiap aplikasi pasti dirilis oleh sebuah vendor, entah itu bentuknya perorangan ataupun perusahaan. Pastikan bahwa mereka benar-benar ahli dalam bidang tersebut.

Mengapa demikian???

Karena aplikasi khususnya Whatsapp itu harus setiap saat di update, terkadang dalam seminggu bisa sampai 2 kali update. Offical Whatsapp selalu merubah algoritmanya. Aplikasi yang tidak di update dipastikan tidak bisa digunakan lagi.

Vendor yang bagus akan selalu update aplikasinya. Vendor yang bagus juga menyediakan layanan after sales (purna jual). Misalnya seperti WBSPro yang menyediakan support IT dan group diskusi untuk para membernya.

broadcast wa

Dua, Perhatikan Siapa Penggunanya

Sales letter produk digital selalu melampirkan beberapa pengguna dan testimoni pada halamanya, biasanya perusahaan benefit atau publik figur.

Kerennya lagi, untuk produk digital itu, sulit di endors, jadi mereka tidak bisa di bayar untuk memberikan testimoni palsu, rata-rata mereka mau bertestimoni karena merasakan manfaatnya.

Tiga, Lihat Berapa Jumlah Penggunanya

Jumlah member pengguna aplikasi juga berpengaruh untuk menentukan produk itu berkualitas atau tidak.

Biasanya setiap vendor melampirkan sudah berapa banyak jumlah penggunannya sebagai social proof pada halaman landing page atau sales latternya.

Hindari untuk membeli aplikasi pada vendor yang tidak mampu membuktikan berapa jumlah penggunanya.

Cukup sekian postingan ini, semoga bermanfaat dan menghindarkan anda dari kegagalan menjalankan whatsapp blast karena salah membeli aplikasi.

 Advertisement

Tinggalkan komentar