Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Affiliate Marketer

Belajar Bisnis Online & Digital Marketing Bareng Saya

Sharing ini khusus untuk Anda yang benar-benar pemula, yang merasa sudah jago mending jangan masuk (NO DEBATE)

Mungkin Anda sedang mencari alasan kenapa Anda harus menjadi seoarang affiliate marketer. Sebelum benar-benar terjun di bisnis ini.

Segala sesuatu yang di kerjakan dengan sungguh-sungguh membutuhkan sebuah alasan yang kuat (The Big Why).

Oleh sebab itu saya akan menceritakan sendiri alasan kuat saya kenapa saya memilih untuk resign dan kemudian beralih menjadi seorang affiliate marketer.

Tidak ada motif lain selain uang. Saya membutuhkan uang untuk mengganti slip gaji saya yang hilang paska resign. Dengan kondisi sudah berkeluarga dan memiliki tangungan 1 orang istri dan 2 orang anak membuat saya gak punya pilihan lain.

Namun, biarkan saya mendetailkan alasan kuat saya mengapa memilih bisnis ini.

1. Passive Income

Belajar dari pengalaman kerja selama 5 tahun di perusahaan swasta, dimana Saya harus di tuntut selalu fit, tidak bekerja berarti tidak punya uang (gaji di potong). Intinya Anda harus bekerja untuk menghasilkan uang.

Itulah dunia nyata, dunia kerja.

Tapi affiliate menawarkan saya akan hal baru, dimana saya bisa menghasilkan uang meskipun saya sedang tidur.

Saya hanya cukup menginvestasikan banyak waktu di awal untuk melakukan optimasi dan strategi digital marketing, setelah itu saya menjalankan aktifitas lain sambil menunggu hasil dari apa yang saya kerjakan.

Yups, saya mendapatkan passive income dari affiliate, Dan alhamdulillahnya lebih besar dari slip gaji saya yang dulu. Suatu kondisi yang sangat mengenakan ketika saya bisa punya banyak waktu dengan keluarga, teman dan orang-orang terdekat saya.

Dimana dulu hal itu sangat jarang sekali terjadi.

2. Tidak Di Pusingkan Support Pelanggan

Tugas sayas sebagai affiliate marketer hanyalah untuk jualan saja, setelah jualan terjadi maka urusan support customer menjadi tanggung jawab pemilik produk/vendor.

Ini sungguh sangat membantu saya untuk benar-benar menikmati banyak waktu, tidak ada lagi kata tergesa-gesa dalam melakukan seusatu karena harus melayani pelanggan. Dunia jauh berbeda dengan kondisi saya dulu.

Dulu Saya saat kerja saya berposisi sebagai kepala marketing, jadi Saya tau betul bagaimana capeknya untuk mensupport pelanggan dan menangkis semua komplen dari pelanggan. heehehe.

3. Bisa Bekerja Dari Rumah

Pada prinsipnya pekerjaan seorang affiliate markete bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Sangat berbeda jauh konsepnya dengan dunia kerja saya dulu. Berangkat pagi dan pulang menjelang malam dengan pakaian bau terbakar karena seharian beraktifitas di luar.

Rute saya dulu kantor, turun lapangan, ngopi dengan mitra kerja yang gak tulus, semua syarat akan kepentingan dan kemudian balik lagi ke kantor untuk absen pulang.

Sekarang rute saya paling kamar mandi, ruang makan, main depan rumah atau sekali-kali ke warung kopi untuk update informasi terbaru seputaran komplek.

4. Bisnis Modal Minim

Garis bawahi ya. Ini bukan bisnis tanpa modal. Tapi ini adalah bisnis dengan modal minim.

Karena nyatanya, Saya harus mengeluarkan uang untuk sewa hosting dan domain sebagai syarat utama untuk saya tetap online dan terkadang saya harus membeli tools pendukung untuk memudahkan pekerjaan saya.

Saya memulai bisnis ini tanpa harus menguras sisa tabungan uang pisah saya dari perusahaan. Saya memulai dengan modal mungkin dibawah 1jt. Saya lupa detailnya.

Kenapa bisa minim?

Karena urusan produksi dan infrastruktur itu bebanya ada pada vendor/perusahaan afiliasi. Tugas saya hanya mendatangkan traffic ke bisnis mereka.

5. Komisinya Besar

Komisi ini nih yang paling saya sukai dari affiliate ini, dimana rata-rata untuk komisi yang diberikan vendor atau perusahaan di angka 30% ke atas dari harga produk. Bahkan perusahaan hosting seperti Niagahoster memberikan komisi sampai 75% untuk setiap penjualan.

Bayangkan, bisnis ini affiliate marketing ini memberikan kita profit margin hampir 100%. Modalnya hanya investasi di awal-awal.

6. Minim Kompetitor

Salah satu yang menyebabkan bisnis tidak berkembang adalah minimnya peluang, hilangnya peluang terkadang dikarenakan adanya kompetitor.

Nah bisnis affiliate ini kompetitornya masih sedikit, terkhusus untuk di Indonesia.

Masih banyak orang yang tidak peduli dengan bisnis ini, bahkan profesi ini pun masih di anggap tabu oleh masyarakat luas. Hanya orang-orang tertentu saja yang menjalankan profesi ini.

So kemungkinan besar kita untuk berkembang sangat besar, kita punya waktu untuk bertumbuh. Makanya waktu yang tepat untuk memulai bisnis ini adalah sekarang, sebelum banyak orang sadar betapa gurihnya bisnis ini.

Itulah 6 alasan yang membuat saya kuat dan yakin bahwa saya bisa mencari rezeki dengan menjadi seorang affiliate marketer.

Bagaimana, tertarik untuk menjadi affiate marketer? Saya ingin mendengar alasan kuat Anda di kolom komentar.

 Advertisement

Irfan Juniyanto saleh

Seorang yang tertarik dengan Digital Marketing & Bisnis Online, berbagi pengalaman menjadi passion saya, karena hidup musti bermanfaat.

Tinggalkan komentar