fbpx

3 Sumber Passive Income Dari Internet Yang Populer Di Indonesia

Passive Income From Internet

Dapatkan Email Series, Rahasia Saya Mendapatkan Passive Income Dari Internet, Minimal Rp 3.000.000/Bulan.

Penghasilan yang paling di idam-idamkan oleh banyak orang bukanlah mendapatkan gaji yang besar setiap bulannya, karena terkadang gaji itu hanya ilusi. Kita tidak akan pernah tau kapan gaji itu berhenti mengalir.

Jadi apa yang paling di idamkan oleh banyak orang?

Yups, Passive income, dimana uang terus mengalir ke Anda kapan saja dan dimana saja meskipun Anda sedang tidak bekerja, sedang liburan atau bahkan sedang tidur.

Salah satu cara mendapatkan passive income yaitu dengan cara mencarinya dari Internet.

Dan ini dia 3 sumber passive income dari internet yang sangat populer di kerjakan oleh orang Indonesia.

1. Affiliate Marketing

Industri affiliate marketing ini dalam 3 tahun terakhir ini menjadi populer di Indonesia, grafiknya terus menanjak naik. Meskipun begitu, Affiliate Marketing ini bukanlah Industri baru, di luar negeri sana sudah banyak yang melakukannya sejak lama. Bahkan bisa di pastikan bahwa bisnis affiiate ini sudah berkembang sejak internet ada. Sebelum google hadir dengan gurita bisnisnya.

Apa itu Affiliate Marketing?

Affiliate Marketing adalah proses mendapatkan sejumlah komisi dengan cara ikut mempromosikan sebuah produk baik milik personal ataupun perusahaan (vendor) yang memang membuka produknya untuk di afiliasikan.

Simpelnya.

Anda merekomendasikan sebuah produk atau jasa yang dimiliki orang/perusahaan ke orang lain yang merupakan audiens Anda. Jika produk itu terjual Anda akan mendapatkan sejumlah komisi sesuai ketentuan yang diberikan oleh vendor tersebut.

Penerapannya.

Anda harus mendaftar dulu ke dalam sistem afiliasi vendor, kemudian Anda membuat review tersebut dengan menyematkan link afiliasi di dalamnya kemudian mempublikasikannya di internet. Ketika ada yang membeli melalui link afiliasi Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi.

Rekaman cookies link biasanya berbeda-beda jumlah harinya untuk setiap vendor. Ada yang 3 hari, sebulan bahkan setahun.

Publikasi di Internet yang paling cocok untuk menyebar link affiliate adalah melalui blog/website.

So, Anda harus punya blog ya. Di akhir zaman ini bikin sudah murah dan gampang, gak nyampe 300rbuan per tahun blog dah jadi. Saya sendiri untuk blog baru, saya membelinya di lautanhosting.com, selama 3 tahun pemakaian gak ada masalah.

Jadi syarat minimal untuk mendapatkan passive income dari internet via affiliate marketing adalah memiliki blog pribadi, channel youtube dan sosial media. Pastikan semua kanal tersebut bukan hanya ada visitornya, tapi banyak visitornya.

Saya sudah membuat tutorial bagaimana cara membuat blog untuk menghasilkan uang.

2. Google Adsene

Semua orang bahkan anak-anak pun sudah tau bahwa Google Adsense bisa menghasilkan passive income. Saat ini orang berlomba-lomba menjadi kreator untuk mendapatkan uang dari adsense.

Sayangnya adsense ini butuh traffic yang jauh lebih banyak untuk bisa menghasilkan uang. Oleh sebab itu di urutan dunia pun adsense hanya menempati peringkat ketiga dalam monetisasi blog. Kalah dengan affiliate marketing dan jualan online (jualan produk sendiri).

data statistik bisnis afiliasi
Sumber https://growthbadger.com/blog-statistics/

Saat ini untuk mendapatkan uang dari google adsense sudah banyak alternatifnya, google sudah mengeluarkan banyak produk untuk di monetisasi.

Google Adsense (Blog)

Jika Anda punya blog yang visitornya 5rb perday, maka menghasilkan dari blog via google adsense bisa menjadi alternatif untuk Anda mendapatkan passive income setiap bulan dari google.

Adsense ini menggunakan sistem pembayaran CPC (cost per klik), jadi kita akan mendapatkan uang ketika ada visitor blog mengklik banner iklan yang ada di blog kita.

Sayangnya, CPC blog dengan Bahasa Indonesia itu di hargai kecil oleh google. Biasanya saya hanya sekitar 100 rupiah sampai 2.000, bayangkan jika traffic blog Anda sedikit, berapa rupiah yang bisa dihasilkan.

So, ini alasan saya kenapa menyarankan para pemula yang baru mau belajar mencari uang secara online jangan menggunakan adsense terlebih dahulu.

Youtube Adsense

Ini yang lagi hype banget yah. Semua orang saat ini sudah berlomba-lomba membuat akun yutub karena tergiur dengan hasil dari Adsense yang dihasilkan.

Sistem pembayaran youtube membuat bagi sebagian orang penghasilannya cukup bagus, karena hitungannya CPM (cost per mile), jadi di bayar per 1000 impresi. Nah bagi artis, orang populer dan orang kreatif ini cukup mudah.

Youtube ini membutuhkan keahlian teknis spesifik dan juga beberapa syarat harus di penuhi agar bisa di monetisasi menggunakan adsense.

So klo Anda orang kreatif silahkan gunakan youtube sebagai sumber passive income Anda.

Admob Adsense

Ini khusus untuk Anda para developer yang bisa membuat aplikasi mobile, seperti game, tools dan lain-lain, menggunakan admob bisa menjadi sumber passive income paling menarik.

Jika Anda pernah bermain game atau menggunakan tools gratisan di smartphone Anda kemudian di suruh nonton iklan, nah itulah iklan admob adsense.

Syaratnya, aplikasi yang Anda buat banyak di download di playstore.

3. Banner Ads

Nah ini cukup menggiurkan dan sangat potensial sebagai sumber passive income Anda.

Jika Anda memiliki blog yang memiliki jutaan pengunjung atau subcribe email yang jutaan juga, biasanya Anda bisa menjual space banner ke perusahaan yang satu frekuensi audiens dengan mereka.

Saya sering melihat ini sering dilakukan oleh website wisata dan juga web jenis portal berita. Biasanya untuk website wisata pihak travel agency menitipkan banner mereka disana dan untuk website portal berita itu di space iklannya di sewa oleh brand-brand besar. Web portal berita lokal juga kadang di sewa oleh pemerintah daerah untuk penyampaian program kerjanya.

Untuk space pada subscribe email saya belum tau yang di Indonesia, tapi untuk yang luar negeri Anda bisa melihat morningbrew.com, mereka menjual space iklan pada konten email mereka.

Jadi mana yang mau Anda gunakan sebagai sumber passive income Anda?

Silahkan share jika informasi ini bermanfaat ya.

Irfan Juniyanto saleh

Seorang yang tertarik dengan Digital Marketing & Bisnis Online, berbagi pengalaman menjadi passion saya, karena hidup musti bermanfaat.

Tinggalkan komentar